Nababan, Samuel Wan Devanko (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pengelasan SMAW Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5203321004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Cover.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 5203321004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (546kB)
![[thumbnail of 5203321004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of 5203321004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Abstrak.pdf
Download (452kB)
![[thumbnail of 5203321004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Daftar_Isi.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of 5203321004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Daftar_Tabel.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of 5203321004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Daftar_Gambar.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of 5203321004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of 5203321004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_BAB_I.pdf
Download (373kB)
![[thumbnail of 5203321004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (782kB)
![[thumbnail of 5203321004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (782kB)
![[thumbnail of 5203321004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203321004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_BAB_V.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of 5203321004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 5203321004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203321004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMK N 13 Medan yang disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar melalui model pembelajaran Project Based Learning pada materi pengelasan SMAW siswa kelas XI SMK N 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Total sampel. Sehingga jumlah sampel sebanyak 20 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : Rancangan, pelaksanaan kegiatan dan pengamatan, observasi, dan refleksi/tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar terlihat pada pra siklus memproleh total keseluruhan 42 dengan rata-rata 2, 1%. Selanjutnya pada tindakan siklus I, memiliki nilai keseluruhan naik menjadi 56 dengan rata-rata 2,8%. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus Il memperoleh total keseluruhan menjadi 68 dengan nilai rata-rata 3,4%. Begitu juga pada tahap proses minat belajar terlihat pada pra siklus sebesar 45,00 dengan persentase ketuntasan sebesar 0%. Selanjutnya diberikan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,80 berprsentasi sebesar 60%. Kemudian, tindakan yang dilakukan pada siklus II diperoleh rerata nilai siswa sejumlah 90,00 dengan tingkat persentase ketuntasan sejumlah 90%.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning secara signifikan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Pengelasan SMAW siswa kelas XI SMK N 13 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Project Based Learning; Minat Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:36 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63501 |