Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pengelasan SMAW Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024

Nababan, Samuel Wan Devanko (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pengelasan SMAW Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203321004_Cover.pdf] Text
5203321004_Cover.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 5203321004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203321004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 5203321004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203321004_Kata_Pengantar.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 5203321004_Abstrak.pdf] Text
5203321004_Abstrak.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 5203321004_Daftar_Isi.pdf] Text
5203321004_Daftar_Isi.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 5203321004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203321004_Daftar_Tabel.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5203321004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203321004_Daftar_Gambar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5203321004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203321004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5203321004_BAB_I.pdf] Text
5203321004_BAB_I.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 5203321004_BAB_II.pdf] Text
5203321004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[thumbnail of 5203321004_BAB_III.pdf] Text
5203321004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[thumbnail of 5203321004_BAB_IV.pdf] Text
5203321004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203321004_BAB_V.pdf] Text
5203321004_BAB_V.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 5203321004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203321004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 5203321004_Lampiran.pdf] Text
5203321004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMK N 13 Medan yang disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar melalui model pembelajaran Project Based Learning pada materi pengelasan SMAW siswa kelas XI SMK N 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Total sampel. Sehingga jumlah sampel sebanyak 20 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : Rancangan, pelaksanaan kegiatan dan pengamatan, observasi, dan refleksi/tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar terlihat pada pra siklus memproleh total keseluruhan 42 dengan rata-rata 2, 1%. Selanjutnya pada tindakan siklus I, memiliki nilai keseluruhan naik menjadi 56 dengan rata-rata 2,8%. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus Il memperoleh total keseluruhan menjadi 68 dengan nilai rata-rata 3,4%. Begitu juga pada tahap proses minat belajar terlihat pada pra siklus sebesar 45,00 dengan persentase ketuntasan sebesar 0%. Selanjutnya diberikan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,80 berprsentasi sebesar 60%. Kemudian, tindakan yang dilakukan pada siklus II diperoleh rerata nilai siswa sejumlah 90,00 dengan tingkat persentase ketuntasan sejumlah 90%.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning secara signifikan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Pengelasan SMAW siswa kelas XI SMK N 13 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Project Based Learning; Minat Belajar; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2025 09:36
Last Modified: 11 Jul 2025 09:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63501

Actions (login required)

View Item
View Item