Lubis, Mutiara (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI NO.101878 TANJUNG MORAWA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313219 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313219 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313219 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313219 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313219 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313219 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313219 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313219 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313219 BAB I.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108313219 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313219 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.101878 Tg.Morawa, dikarenakan Hasil Belajar siswa Kelas V SD pada pelajaran IPS msih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan penggunaan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sejarah zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK). Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Yang dilaksanakan di SD Negeri No.101878 Tg.Morawa Kab.Deli Serdang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi dan tes. Yang dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu pada siklus I dan siklus II. Observasi yang dilakukan meliputi observasi guru dan siswa. Sedangkan tes dilaksanakan pada pre tes, siklus I dan II. Hasil penelitian yang diperoleh dari 30 orang siswa pada tes awal (pre tes) hanya terdapat 6 siswa yang tuntas dalam belajar dengan persentase 20%. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 45,17. Maka dilakukan siklus I untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Dari siklus I diperoleh hasil 16 siswa yang tuntas dengan persentase 53,33% dan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 67,8. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 33,33% dibandingkan pada pre tes. Namun hasil tersebut belum mencapai target yang diharapkan oleh peneliti yaitu siswa yang tuntas mencapai 80%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus II agar hasil yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapkan. Dari siklus II diperoleh hasil 26 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 80,53% dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 86,67. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas V SD Negeri No.101878 Tanjung Morwa.  
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lub m |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep; IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6350 |