Pakpahan, Enjela Brigita (2024) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DIRUMAH DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7183342011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Cover.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 7183342011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (907kB)
![[thumbnail of 7183342011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Abstrak.pdf
Download (676kB)
![[thumbnail of 7183342011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7183342011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Daftar_Isi.pdf
Download (821kB)
![[thumbnail of 7183342011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Daftar_Tabel.pdf
Download (355kB)
![[thumbnail of 7183342011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Daftar_Gambar.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 7183342011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (355kB)
![[thumbnail of 7183342011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7183342011_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 7183342011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_BAB_III.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7183342011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_BAB_III.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7183342011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7183342011_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7183342011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_BAB_V.pdf
Download (548kB)
![[thumbnail of 7183342011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (700kB)
![[thumbnail of 7183342011_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar
akuntansi siswa dan rendahnya fasilitas belajar dirumah dan kesiapan belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas
belajar dirumah dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa
kelas XI akuntansi SMK Negeri 6 Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini
adalah 99 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penyebaran
angket. Angket penelitian terdiri dari 37 pernyataan dengan skala likert 5 point, 17
pernyataan untuk fasilitas belajar dirumah dan 20 pernyataan untuk kesiapan belajar.
Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 39,891 + 0,267X1
+ 0,049X2 + ɛ. Berdasarkan hasil uji-t, terdapat pengaruh signifikan antara fasilitas
belajar dirumah terhadap hasil belajar akuntansi admnistrasi pajak dengan nilai Thitung
sebesar 1,365 > Ttabel 1,292 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,16 < 0,05.
Kesiapan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi
administrasi pajak dengan nilai Thitung (2,353) > Ttabel (1,292) dan nilai signifikan
sebesar 0,003 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut
adalah 53,1%, sedangkan sisanya 46,9% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan
dan tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil Uji-f nilai Fhitung adalah
sebesar 8,298 dan nilai signifikansi 0,001. Dengan nilai Ftabel sebesar 1,988 dan
nilai signifikansi α = 0,05. Dengan demikian nilai Fhitung (2,439) > Ftabel (1,988).
Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
fasilitas belajar dirumah dan kesiapan belajar berpengaruh positif terhadap hasil
belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar Dirumah, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63492 |