Susmiati (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN FIRING LINE DI KELAS IV SD NEGERI 101878 TG. MORAWA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109412011 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
109412011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
109412011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
109412011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
109412011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109412011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109412011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
109412011 BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
109412011 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109412011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode permainan firing line dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan di keas IV SDN 101878 Tg. Morawa T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode permainan firing line dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan di kelas IV SDN 101878 Tg. Morawa T.A 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 101878 Tg.Morawa pada T.A 2012/2013 yang berjumlah 38 orang siswa, 22 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pejumlahan pecahan, sebagai alternative tindakan yang diambil untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode permainan firing line. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan belajar. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan pecahan. Dimana pada saat pretest ketuntasan belajar dari 38 orang siswa hanya 8 orang siswa yang tuntas hasil belajarnya dengan persentase 21,05% dan yang tidak tuntas 30 orang dengan persentase 78,95% dengan nilai rata-rata 42,61. Setelah melaksanakan siklus I dengan menggunakan metode permainan firing line ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 16 orang siswa dengan persentase 42,11% dan yang tidak tuntas 22 orang siswa dengan persentase 57,89% dengan nilai rata-rata 63,13. Perolehan dari hasil siklus I perlu ditindak lanjuti pada siklus II, sehingga secara signifikan hasil belajar siklus II pada mata pelajaran matematika materi penjumlaan pecahan dengan menggunakan metode permainan firing line meningkat menjadi 32 orang yang tuntas hasil belajarnya dengan persentase 84,21% dan yang tidak tuntas 6 orang dengan persentase 15,79% dengan nilai rata-rata 81,71. Dengan persentase hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 42,10%. Dengan demikian, dapat disimpulakan bahawa dengan menggunakan metode permainan firing line pada siswa kelas IV SD Negeri 101878 Tg. Morawa T.A 2012/2013 hasil belajar siswa meningkat. Disarankan kepada guru-guru agar menggunakan metode permainan firing line sebagai alternative untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Sus m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Firing Line; Matematika; Pecahan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6345 |