Angkat, Nurwulan (2013) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY DALAM BELAJAR SISWA KELAS VII SMP AL WASHLIYAH - 8 UNIVA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109351031 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
109351031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109351031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
109351031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
109351031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
109351031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
109351031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
109351031 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109351031 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
109351031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan self efficacy dalam belajar siswa kelas VII3 di SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan T.A 2013/2014” ?. penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok untuk meningkatkan self efficacy dalam belajar siswa kelas VII3 SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan T.A2013/2014”. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan pertengahan Juni sampai dengan pertengahan Agustus 2013. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan. Jalan SM.Raja Km 5,5 Medan.Populasi adalah keseluruhan siswa kelas VII3 yang berjumlah 46 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang mempunyai self efficacy belajar rendah yang ditentukan secara purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja) atau rekomendasi data dari guru BK (konselor). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy belajar. Angket uji coba self efficacy belajar sebanyak 60 butir pertanyaan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas VII3 yang berjumlah 46 siswa. Angket self efficacy yang valid sebanyak 34 butir pertanyaan yang akan diberikan kepada 10 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kelompok). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan self efficacy yang rendah dengan bimbingan kelompok diperoleh nilai rata-rata Pre-test = 97,9 dan Standard Deviasi (SD) = 5,78 sedangkan nilai rata-rata Post-test = 120,4 dan Standard Deviasi (SD) = 4,92 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap self efficacy belajar siswa dapat mengubah self efficacy yang lebih baik. Dari hasil hipotesis dengan harga ttabel pada N-1 = N-10 pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh sebesar 1,37, maka thitung > ttabel = (10,61 > 1,37) tersebut dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak dapat dinyatakan bahwa “ Ada pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap peningkatan self efficacy belajar Siswa Kelas VII3 SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap self efficacy belajar siswa kelas VII3 SMP Al Washliyah -8 UNIVA Medan Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Ang p |
Keywords: | Bimbingan kelompok; Mode kelompok; Teknik - teknik; Tahapan - tahapan; Self effcacy; Karakteristik individual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6342 |