Pane, Darlina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PONTEKSTUAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 101783 SAENTIS T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313049 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
108313049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313049 BAB I.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108313049 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang. Anak sekolah dasar berada pada pase tahap operasional kongkrit sehingga masih sulit untuk memahami pelajaran yang bersifat abstrak. Matematika merupakan pelajaran yang mempelajari konsep yang bersifat abstrak dan untuk membantu siswa dalam memahami konsep terseput terutama pada pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang, para pengajar harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 101783 Saentis Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, tes diberikan sebanyak 15 butir soal berbentuk pilihan berganda. Tes diberikan sebanyak 3 kali yaitu pre test, pos test I, dan pos test II. Sedangkan observasi meliputi akitivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis persentase. Dari hasil penelitian test awal yang dilaksanakan sebelum dilakukan tindakan diperoleh 6 siswa (15%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 34 siswa (85%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 38,95. Dari hasil analisis data siklus I diperoleh 22 siswa (55%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 18 siswa (45%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata sebesar 56,97. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 37 siswa (92,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (7,5%) belum memenuhi keteuntasan belajar, dengan nilai rata-rata sebesar 80,45. Berdasarkan hasil observasi yag dilakukan pada proses belajar mengajar, terlihat pada observasi kegiatan guru siklus I dan siklus II nilai yang diperoleh adalah 75 dan 97,5. Pada observasi kegiatan siswa siklus I dan siklus II nilai yang diperoleh adalah 71,87 dan 93,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang kelas IV SD Negeri 101783 Saentis T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pan m |
Keywords: | Metode Kontekstual; Hasil Belajar Siswa; Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6337 |