Nasution, Yusup Hanapi (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101777 SAENTIS T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313417 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313417 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
108313417 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
108313417 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313417 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313417 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313417 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313417 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313417 BAB I.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
108313417 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313417 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode picture and picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam di kelas V SD Negeri 101777 Saentis T.A 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis yang berjumlah 23 orang siswa. Sedangkan sampel yang diambil berdasarkan teknik total sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 23 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari II siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilaksanakan tindakan pada siklus I peneliti memberikan lembar angket untuk diisi siswa untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan. Begitu juga pada akhir siklus I dan Siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa lembar angket dan juga lembar observasi kegiatan siswa dan guru.yang merupakan alat ukur untuk memngetahui sejauh mana motivasi belajar siswa meningkat. Pada kondisi awal motivasi siswa tergolong rendah, dimana ada 14 orang dari 23 orang siswa atau (60,8% ) yang motivasinya tergolong rendah, 6 orang siswa dari 23 orang siswa atau ( 26,1% ) yang motivasinya tergolong sedang, dan hanya 3 orang siswa dari 23 orang atau ( 13,1% ) siswa yang motivasinya tergolong tinggi. Pada siklus I 5 orang dari 23 orang siswa atau (21,7%) yang motivasinya tergolong rendah, 11 orang siswa dari 23 orang siswa atau ( 47,8% ) yang motivasinya tergolong sedang, dan 7 orang siswa atau ( 30,4% ) yang motivasinya tergolong tinggi. Selanjutnya pada siklus II yang motivasinya tergolong rendah turun menjadi hanya 1 orang dari 23 orang siswa atau ( 4,4% ), 2 orang siswa yang motivasinya tergolong sedang atau ( 8,7%), dan siswa yang motivasinya tinggi meningkat signifikan menjadi 20 orang siswa dari 23 orang siswa atau ( 86,9% ). Melihat peningkatan yang terjadi pada motivasi siswa dalam pokok bahasan sumber daya alam pada siklus II, maka proses belajar mengajar tidak lagi dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dari data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dapat meningkat pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dengan menggunakan metode picture and picture di kelas V SD Negeri 101777 Saentis T.A 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nas u |
Keywords: | Motivasi Belajar Siswa; Metode Picture and Pivture; Pelajaran IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6336 |