Astuti, Wahyuni (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI SOSIAL DIKELAS IV SD NEGERI 101893 BANGUN REJO KEC. TANJUNGMORAWA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108 313 392 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108 313 392 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
108 313 392 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108 313 392 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108 313 392 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108 313 392 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108 313 392 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108 313 392 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108 313 392 BAB I.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108 313 392 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108 313 392 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakanmodel pembelajaran simulasi sosial dapat meningkatkan hasil belajar s iswa padaMata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Neger i No.101893 Bangun Rejo. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada MateriKoperasi dalam Perekonomian Indonesia melalui penggunaan modelpembelajaran simulasi sosial di kelas IV SD Neger i 101893 Bangun Rejo.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian initerdiri dari 2 siklus dan terdiri dar i 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNeger i No.101893 Bangun Rejo sebanyak 38 orang siswa yang terdiri dari 16orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Alat pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data yangdigunakan adalah penilaian tes dan penilaian ketuntasan belajar. Nilai ketuntasansecara klasikal 75%.Hasil penelitian pada pretes diperoleh rata-rata 34,73 yang berarti 0% yangtuntas belajar dan 100%belum tuntas belajar (38 siswa) pada pretes yangdilakukan. Rata-rata nilai siswa pada postes siklus I sebesar 54,60 denganketuntasan belajar 26,31% (10 siswa) dan yang belum tuntas 73,68% (28 siswa).Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 75,78 denganketuntasan belajar 76,31% (29 siswa) dan yang belum tuntas 23,68% (9siswa).Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilaiketuntasan klasikal 75% sudah tercapai dan penggunaan model pembelajaransimulasi sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSdengan materi Koperasi dalam Perekonomian Indonesia di kelas IV SD NegeriNo.101893 Bangun Rejo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ast u |
Keywords: | Hasil Belajar; Pelajaran IPS; Pembelajaran Simulasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6332 |