Zuhaini, Mala (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 020259 BINJAI TIMUR T.A 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311037 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1104311037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
1104311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
1104311037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1104311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1104311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311037 BAB I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1104311037 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
1104311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian in adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar Sains materi pokok fungsi alat tubuh manusia pada siswa kelas IV SD Negeri 020259 Binjai Timur T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sains siswa kelas IV SD Negeri 020259 Binjai Timur.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 0202597 Binjai Timur tahun ajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar sains siswa melalui pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 020259 Binjai Timur.Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, yaitu pre test, post test pada siklus I, post test pada siklus II dan observasi.Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing – masing siklus terdiri atas 2 pertemuan belajar. pada siklus I, peneliti memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray. Peneliti memberikan post test I pada akhir siklus I. Siklus I belum berhasil peneliti melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada Siklus II, peneliti memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray.Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar sains siswa dari pre test, post test I dan post test II. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada saat pre test sebelum diberikan tindakan sebesar 42,5 dengan tingkat ketuntasan belajar 7,14% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 2 orang dan dinyatakan masih belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 69,28 dengan tingkat ketuntasan belajar 67,85% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 orang. Pada siklus II nilai rata-rata kelas juga semakin meningkat menjadi 91,07 dengan ketuntasan belajar 92,85% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SD Negeri 020259 Binjai Timur T.A 2012/ 2013 hasil belajar siswa meningkat. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode Two Stay Two Stray ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapakan dan tujuan pembelajaran yang diinginkan juga dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Zuh m |
Keywords: | Hasil Belajar Sains; Pembelajaran Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6330 |