Pengaruh Model Belajar Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik Kelas XII SMK Negeri 2Medan

RIDHO, M. (2024) Pengaruh Model Belajar Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik Kelas XII SMK Negeri 2Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173131014_Cover.pdf] Text
5173131014_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 5173131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5173131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 5173131014_Abstrak.pdf] Text
5173131014_Abstrak.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 5173131014_Daftar_Isi.pdf] Text
5173131014_Daftar_Isi.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 5173131014_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173131014_Daftar_Tabel.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 5173131014_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173131014_Daftar_Gambar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 5173131014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173131014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 5173131014_BAB_I.pdf] Text
5173131014_BAB_I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 5173131014_BAB_II.pdf] Text
5173131014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[thumbnail of 5173131014_BAB_III.pdf] Text
5173131014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of 5173131014_BAB_IV.pdf] Text
5173131014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of 5173131014_BAB_V.pdf] Text
5173131014_BAB_V.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5173131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5173131014_Lampiran.pdf] Text
5173131014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas XII SMK Negeri 2 Medan, hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di Kelas XII SMK Negeri 2 Medan dan kondisi hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Penerangan Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di Kelas XII SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan yang beralamat di JL. STM NO. 12 AMedan, Sitirejo Ii, Kec. Medan Amplas, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Sampel penelitian menggunakan random sampling dilakukan undian kepada setiap ketua kelas sehingga dapatlah Sampel penelitian yaitu kelas XII-TITL4 berjumlah 35 orang (kelas eksperimen) dan XII-TITL1 berjumlah 35 orang (kelas kontrol). Desain penelitian ini menggunakan pre test – post test control group design Dari Hasil perhitungan data kelompok PBL dan kelompok konvensional diatas diperoleh thitung = 12,83 Dari daftar ditribusi t dengan menggunakan peluang 1-α =0,95 dengan dk = (35+35 -2) diperoleh harga ttabel = 1,66. Maka 12,83 > 1,66. Sehingga hipotesis yang menyatakan Hasil belajar siswa model problem based learning lebih besar dari pada hasil belajar siswa pada model konvensional untuk mata Pelajaran teknik intalasi penerangan Listrik kelas XII SMK Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Teknik Instalasi Penerangan Listrik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:07
Last Modified: 09 Jul 2025 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63278

Actions (login required)

View Item
View Item