PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NO 106165 MARINDAL I T.A. 2011/2012

Tarigan, Elisa Samaika (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NO 106165 MARINDAL I T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109811032 COVER.pdf]
Preview
Text
109811032 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 109811032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109811032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 109811032 KATA PENGATAR.pdf]
Preview
Text
109811032 KATA PENGATAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 109811032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109811032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 109811032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109811032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 109811032 BAB I.pdf]
Preview
Text
109811032 BAB I.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 109811032 BAB V.pdf]
Preview
Text
109811032 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 109811032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109811032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Picture andPicture untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran matematika Kls IV SD NegeriNo 106165 Marindal I, T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(classroom action research) dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture yangdilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di kelas guna meningkatkan minatbelajar matematika siswa pada materi bangun ruang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas IV SD Negeri No 106165 Marendal I Tahun Ajaran 2011/2012 dan objeknya penerapanmodel pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materibangun ruang. Alat pengumpul data yang digunakan terdiri dari angket dan lembar observasi.Berdasarkan penelitian yang dilakuan sebanyak 2 siklus maka diperoleh nilai rata-rata siswa(individu) dilihat dari hasil angket dan lembar observasi minat belajar siswa dalam kegiatanbelajar mengajar pada pelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Pictureand Picture telah terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa siklus I pertemuan 1 skorrata-rata angket siswa 56,22, meningkat menjadi menjadi 92,4 pada pertemuan 2 siklus II. Hasillembar observasi siswa secara individu pada siklus II pertemuan 1 dengan skor rata-rata 22.08meningkatan 44.58 pada pertemuan ke 2 dan meningkat menjadi 74,17, pada pertemuan 1siklus II menjadi 86.3 pada pertemuan ke 2 siklus II. Hasil lembar observasi siswa secara klasikalpada siklus II pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata 42,8 meningkatan 55,2 pada pertemuan ke 2,dan meningkat pada pertemuan ke 1 siklus II menjadi 72 dan meningkat menjadi 92,7 padapertemuan ke 2 siklus II Hasil observasi kegiatan pembelajaran guru untuk penerapan metodepembelajaran picture and picture pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata 54,28kemudian meningkat menjadi 71,42 pada pertemuan 2 siklus I dan pada pertemuan 1 siklus IImeningkat menjadi 85,71 dan meningkat menjadi 97,14 pada siklus II pertemuan 2. Upaya yangdilakukan peneliti untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa pada materi bangunruang dengan menggunakan metode Picture and Picture yaitu dengan cara mengenalkan danmenjelaskan cara mencari luas, dan volume bangun ruang dengan menggunakan media potongangambar-gambar dari bangun ruang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minatbelajar matematika siswa pada materi bangun ruang meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Tar p
Keywords: Pembelajaran Picture and Picture; Minat Belajar Siswa; Pelajaran Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 22 Jul 2016 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item
View Item