Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran IPAS Topik Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri 010028 Simpang Empat

Sari, Gita Puspita (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran IPAS Topik Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri 010028 Simpang Empat. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111130_Cover.pdf] Text
1203111130_Cover.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 1203111130_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111130_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 1203111130_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111130_Kata_Pengantar.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of 1203111130_Abstrak.pdf] Text
1203111130_Abstrak.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 1203111130_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111130_Daftar_Isi.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 1203111130_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111130_Daftar_Tabel.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 1203111130_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111130_Daftar_Gambar.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 1203111130_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111130_Daftar_Lampiran.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 1203111130_BAB_I.pdf] Text
1203111130_BAB_I.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 1203111130_BAB_II.pdf] Text
1203111130_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111130_BAB_III.pdf] Text
1203111130_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111130_BAB_IV.pdf] Text
1203111130_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 1203111130_BAB_V.pdf] Text
1203111130_BAB_V.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 1203111130_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111130_Daftar_Pustaka.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of 1203111130_Lampiran.pdf] Text
1203111130_Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran IPAS Topik Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri 010028 Simpang Empat. Penelitian ini disusun dan dikembangkan menggunakan metode R&D model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analyze/Analisis, (2) Design/Desain, (3) Development/Pengembangan, (4) Implementation/Implementasi, dan (5) Evaluation/Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, angket (kuesioner), tes soal, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik Kelas IV SDN 010028 Simpang Empat berjumlah 21 orang. Hasil penelitian ini yaitu 93,3% hasil uji validasi ahli materi dengan kategori sangat layak, 92% hasil uji validasi ahli media dengan kategori sangat layak, dan 98,3% hasil uji praktikalitas dengan kategori sangat layak. Keefektifan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan pada perolehan nilai pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain persen dengan perolehan hasil sebesar 72,41% dengan kategori cukup efektif. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis Augmented Reality layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan media; Pelajaran IPA; Kekayaan budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:29
Last Modified: 08 Jul 2025 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63230

Actions (login required)

View Item
View Item