Meliyani (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (SPK) PADA SISWA KELAS IV SD PUTERI SION SIMALINGKAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311044 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
1104311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
1104311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
1104311044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1104311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
1104311044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
1104311044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
1104311044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
1104311044 BAB I.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
1104311044 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
1104311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi masalah sosial pokok bahasan kependudukan dan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi masalah sosial pokok bahasan kependudukan dan kemiskinan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Puteri Sion Simalingkar yang berjumlah 28 orang siswa dengan jumlah laki-laki 8 orang siswa dan 20 orang siswa perempuan . Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II yaitu empat tahapan perencanaan, tindakan, observasi, anaisis dan refaksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakkan observasi dan penyebaran angket yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS.Dari hasil observasi pada siklus I diperoleh data bahwa 18 siswa ( 64,29 % ) motivasi belajarnya yang tergolong rendah. 8 siswa ( 28,57 % ) motivasi belajarnya yang tergolong sedang. 2 siswa ( 7,14 % ) motivasi belajarnya yang tergolong tinggi. Pada siklus II diperoleh data bahwa 10 siswa ( 35,71 % ) motivasi belajarnya yang tergolong sedang. 18 siswa ( 64,29 % ) motivasi belajarnya yang tergolong tinggi. Dari hasil angket pada siklus I diperoleh data bahwa 14 siswa ( 50 % ) motivasi belajarnya yang tergolong rendah. 12 siswa ( 42,9 % ) motivasi belajarnya yang tergolong sedang. 2 siswa ( 7,1 % ) motivasi belajarnya yang tergolong tinggi. Pada siklus II diperoleh data bahwa 7 siswa ( 25 % ) motivasi belajarnya yang tergolong sedang. 21 siswa ( 75 % ) motivasi belajarnya yang tergolong tinggi. Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dan dari hasil observasi belajar siswa jumlah siswa yang mengalami perubahan yaitu 25 orang dari 28 siswa ( 89,28 % ). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif ( SPK ) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada materi masalah sosial. Oleh karena itu disarankan agar guru mempersiapkan alat dan bahan serta melaksanakan strategi yang tepat yaitu Strategi Pembelajaran Kooperatif ( SPK ) pada pelajaran IPS agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi masalah sosial. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mel m |
Keywords: | Motivasi Belajar Siswa; IPA; Strategi Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6320 |