Akbar, Habib (2024) Pengaruh Media Audio Visual Gerak Terhadap Peningkatan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Teori Kejuruan Di SMKN 2 Medan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203121031_Cover.pdf
Download (219kB)
5203121031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (265kB)
5203121031_Kata_Pengantar.pdf
Download (151kB)
5203121031_Abstrak.pdf
Download (344kB)
5203121031_Daftar_Isi.pdf
Download (391kB)
5203121031_Daftar_Tabel.pdf
Download (199kB)
5203121031_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
5203121031_Daftar_Lampiran.pdf
Download (62kB)
5203121031_BAB_I.pdf
Download (531kB)
5203121031_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203121031_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203121031_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (501kB)
5203121031_BAB_V.pdf
Download (285kB)
5203121031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (521kB)
5203121031_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat pengaruh pengaruh media audio visual gerak terhadap peningkatan hasil pembelajaran siswa kelas X program keahlian teknik pemesinan pada mata pelajaran teori kejuruan di SMKN 2 medan T.A 2023/2024. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitaf eksperimen yang menggunakan dua kelas sebagai kelas penelitian, yakni kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol sebagai kelas penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan aplikasi canva dengan aplikasi Power Point sebagai aplikasi pembanding. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan soal pilihan berganda . Adapun soal pilihan berganda tersebut ialah
berupa soal Pre-Test dan Post-Test. Pre-Test dilakukan sebelum dilakukannya perlakuan penggunaan media, sedangkan Post-Test dilakukan sesudah dilakukannya perlakuan penggunaan media. Instrumen ini berlaku untuk kedua
kelas, yakni kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan hasil pembelajaran yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pengaruh signifikan antara penggunaan media
animasi menggunakan aplikasi canva terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teori kejuruan di kelas X TP I di SMK Negeri 2 Medan. Dari hasil output SPSS 26.0 merupakan hasil hasi uji t, nilai signifikan yang diperoleh 0.00 < 0,5 . Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media animasi menggunakan aplikasi canva terhadap
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teori kejuruan di kelas X TP I di SMK Negeri 2 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Audio Visual Gerak; Canva; Teknik Pemesinan |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:08 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 02:08 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63199 |
