Maharaja, Dianson Sahatma (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV SDN 104202 Bandar Setia. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111085_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Cover.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 1203111085_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111085_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Kata_Pengantar.pdf
Download (420kB)
![[thumbnail of 1203111085_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Abstrak.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 1203111085_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Daftar_Isi.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 1203111085_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Daftar_Tabel.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of 1203111085_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Daftar_Gambar.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 1203111085_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Daftar_Lampiran.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of 1203111085_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_BAB_I.pdf
Download (338kB)
![[thumbnail of 1203111085_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111085_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (648kB)
![[thumbnail of 1203111085_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111085_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_BAB_V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1203111085_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Daftar_Pustaka.pdf
Download (200kB)
![[thumbnail of 1203111085_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111085_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) validitas media pembelajaran berbasis augmented reality yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita rakyat pada siswa kelas IV SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2023/2024. (2) kepraktisa media pembelajaran berbasis augmented reality yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2023/2024. Dan (3) efektifitas media pembelajaran berbasis augmented reality yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini mengunakan Research and Development (R&D), subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 104202 Bandar Setia kelas 4 dengan total keseluruhan siswa berjumlah 26 siswa. Metode penelitian ini adalah pengembangan media yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah prosedur pengembangan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Uji kelayakan dari media pembelajaran mendapatkan persentase oleh ahli materi 86% dengan kategori “Layak” dan persentase oleh ahli media 80% dengan kategori “Layak”. Sehingga media pembelajaran berbasis augmented reality layak untuk digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran. Uji kepraktisan diperoleh dari penilaian oleh praktisi pendidikan dengan mendapatkan persentase 91,76% dengan kategori “Sangat Praktis”. Serta media pembelajaran berbasis augmented reality yang dikembangkan dan diterapkan telah mendapat respon yang baik oleh peserta didik. Ditunjukkan bahwa rata-rata bahwa nilai pre test siswa adalah 52,11% dan postest 81,92%. Sehingga media pembelajaran berbasis augmented reality sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Kemampuan Menulis; Cerita Rakyat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:26 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63193 |