Siregar, Desi Karina (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan Media Grafis Digital Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1213111154_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Cover.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 1213111154_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1213111154_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Kata_Pengantar.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of 1213111154_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Abstrak.pdf
Download (320kB)
![[thumbnail of 1213111154_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Daftar_Isi.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of 1213111154_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Daftar_Tabel.pdf
Download (285kB)
![[thumbnail of 1213111154_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Daftar_Gambar.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 1213111154_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Daftar_Lampiran.pdf
Download (259kB)
![[thumbnail of 1213111154_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_BAB_I.pdf
Download (654kB)
![[thumbnail of 1213111154_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1213111154_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1213111154_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1213111154_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_BAB_V.pdf
Download (282kB)
![[thumbnail of 1213111154_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Daftar_Pustaka.pdf
Download (402kB)
![[thumbnail of 1213111154_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213111154_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya di SD Negeri 106163 Bandar Klippa tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 106163 Bandar Klippa, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital dan Kelas V-B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee tanpa berbantuan media Grafis Digital. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes esai, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee tanpa berbantuan media Grafis Digital. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001 dan 0,002 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Media grafis digital; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63190 |