Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan Media Grafis Digital Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025

Siregar, Desi Karina (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan Media Grafis Digital Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111154_Cover.pdf] Text
1213111154_Cover.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1213111154_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111154_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111154_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111154_Kata_Pengantar.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 1213111154_Abstrak.pdf] Text
1213111154_Abstrak.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 1213111154_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111154_Daftar_Isi.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1213111154_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111154_Daftar_Tabel.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 1213111154_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111154_Daftar_Gambar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 1213111154_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111154_Daftar_Lampiran.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 1213111154_BAB_I.pdf] Text
1213111154_BAB_I.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 1213111154_BAB_II.pdf] Text
1213111154_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111154_BAB_III.pdf] Text
1213111154_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111154_BAB_IV.pdf] Text
1213111154_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111154_BAB_V.pdf] Text
1213111154_BAB_V.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 1213111154_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111154_Daftar_Pustaka.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 1213111154_Lampiran.pdf] Text
1213111154_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya di SD Negeri 106163 Bandar Klippa tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 106163 Bandar Klippa, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital dan Kelas V-B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee tanpa berbantuan media Grafis Digital. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes esai, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee tanpa berbantuan media Grafis Digital. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001 dan 0,002 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media Grafis Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cahaya dan Sifatnya kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Media grafis digital; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:07
Last Modified: 07 Jul 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63190

Actions (login required)

View Item
View Item