Penerapan Metode Dalcroze Dalam Pembelajaran Instrumen Pianika Di Kelas V SD Negeri 060913 Kec. Tembung

Br Sembiring, Cindy Marshela (2024) Penerapan Metode Dalcroze Dalam Pembelajaran Instrumen Pianika Di Kelas V SD Negeri 060913 Kec. Tembung. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203142019_Cover.pdf] Text
2203142019_Cover.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 2203142019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203142019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of 2203142019_Abstrak.pdf] Text
2203142019_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 2203142019_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203142019_Kata_Pengantar.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 2203142019_Daftar_Isi.pdf] Text
2203142019_Daftar_Isi.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 2203142019_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203142019_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 2203142019_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203142019_Daftar_Gambar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 2203142019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203142019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 2203142019_BAB_I.pdf] Text
2203142019_BAB_I.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 2203142019_BAB_II.pdf] Text
2203142019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[thumbnail of 2203142019_BAB_III.pdf] Text
2203142019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[thumbnail of 2203142019_BAB_IV.pdf] Text
2203142019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2203142019_BAB_V.pdf] Text
2203142019_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 2203142019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203142019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 2203142019_Lampiran.pdf] Text
2203142019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode Dalcroze dalam pembelajaran instrumen pianika di kelas V SDN 060913 Kec. Tembung, 2) Untuk mengetahui keterampilan siswa dalam pembelajaran seni musik memainkan instrumen pianika di kelas V SDN 060913 Kec. Tembung. Penelitian ini didasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan tentang penerapan, metode pembelajaran, jenis metode pembelajaran, dan instrumen pianika. Penelitian ini dilakukan di Kelas V Sekolah Dasar 060913 Kecamatan Tembung pada tanggal 28 Juni 2024 – 30 Agustus 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif yang dimana sampel pada penelitian ini adalah 10 siswa kelas V dan 1 orang guru seni budaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan pembelajaran seni budaya menggunakan metode Dalcroze dapat diterima dengan baik oleh siswa dan guru, karena merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. 2) keterampilan yang dihasilkan siswa dapat terlihat saat siswa menerapkan pembelajaran di kelas, siswa mampu untuk memahami tangga nada, tempo dan mampu memainkan instrumen pianika dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan; Metode Pembelajaran Dalcroze; Instrumen Pianika
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:36
Last Modified: 07 Jul 2025 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63185

Actions (login required)

View Item
View Item