Br Sembiring, Cindy Marshela (2024) Penerapan Metode Dalcroze Dalam Pembelajaran Instrumen Pianika Di Kelas V SD Negeri 060913 Kec. Tembung. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203142019_Cover.pdf
Download (108kB)
2203142019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (667kB)
2203142019_Abstrak.pdf
Download (108kB)
2203142019_Kata_Pengantar.pdf
Download (261kB)
2203142019_Daftar_Isi.pdf
Download (175kB)
2203142019_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
2203142019_Daftar_Gambar.pdf
Download (57kB)
2203142019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
2203142019_BAB_I.pdf
Download (430kB)
2203142019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (769kB)
2203142019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (696kB)
2203142019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
2203142019_BAB_V.pdf
Download (170kB)
2203142019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (160kB)
2203142019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode Dalcroze dalam pembelajaran instrumen pianika di kelas V SDN 060913 Kec. Tembung, 2) Untuk mengetahui keterampilan siswa dalam pembelajaran seni musik memainkan instrumen pianika di kelas V SDN 060913 Kec. Tembung. Penelitian ini didasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan tentang penerapan, metode pembelajaran, jenis metode pembelajaran, dan instrumen pianika. Penelitian ini dilakukan di Kelas V Sekolah Dasar 060913 Kecamatan Tembung pada tanggal 28 Juni 2024 – 30 Agustus 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif yang dimana sampel pada penelitian ini adalah 10 siswa kelas V dan 1 orang guru seni budaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan pembelajaran seni budaya menggunakan metode Dalcroze dapat diterima dengan baik oleh siswa dan guru, karena merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. 2) keterampilan yang dihasilkan siswa dapat terlihat saat siswa menerapkan pembelajaran di kelas, siswa mampu untuk memahami tangga nada, tempo dan mampu memainkan instrumen pianika dengan cukup baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penerapan; Metode Pembelajaran Dalcroze; Instrumen Pianika |
| Subjects: | M Music and Books on Music > M Music |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:36 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 07:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63185 |
