Simanungkalit, Doniarjo (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201121008_Cover.pdf
Download (100kB)
5201121008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (264kB)
5201121008_Kata_Pengantar.pdf
Download (165kB)
5201121008_Abstrak.pdf
Download (255kB)
5201121008_Daftar_Isi.pdf
Download (259kB)
5201121008_Daftar_Tabel.pdf
Download (139kB)
5201121008_Daftar_Gambar.pdf
Download (128kB)
5201121008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (136kB)
5201121008_BAB_I.pdf
Download (372kB)
5201121008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (768kB)
5201121008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (739kB)
5201121008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201121008_BAB_V.pdf
Download (152kB)
5201121008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (234kB)
5201121008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan buku teks, dan sarana pembelajaran lainnya juga masih kurang, dan hal ini mengurangi aktivitas siswa dan tidak terjadi interaksi siswasiswa maupun siswa-guru. Penelitian pengembangan e-modul ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui
kevalidan media pembelajaran dengan Google sites pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur. (2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran dengan Google sites pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur. Penelitian Pengembangan e-modul berbasis google site ini mengunakan model penelitian Research and Development (R&D). menerapkan Model 4-D
Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pegembangan (Development) dan Peyebarluasan (Desimination). Hasil penilaian terhadap e-modul yang dikembangkan menunjukan bahwa media pembelajaran telah valid untuk digunakan sebagai sumber belajar, oleh ahli materi dengan rerata 4,21 dengan kategori "sangat valid". Menurut ahli media dengan rerata 4,20 dengan kategori "sangat valid". Menurut ahli desain pembelajar dengan rerata 4,22 dengan kategori "sangat valid". Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score adalah
sebesar 0,671009 atau 67,1009% termasuk dalam kategori cukup efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Model 4D; Menggambar Teknik Manufaktur; Google Site |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:30 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 07:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63182 |
