Hubungan antara Minat Belajar dan Kesadaran Karir dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada Peserta Didik Kelas XI TITL di SMK Negeri 2 Medan

Fadhilah, Iin Octa (2024) Hubungan antara Minat Belajar dan Kesadaran Karir dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada Peserta Didik Kelas XI TITL di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5171131004_Cover.pdf] Text
5171131004_Cover.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5171131004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5171131004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 5171131004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5171131004_Kata_Pengantar.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of 5171131004_Abstrak.pdf] Text
5171131004_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5171131004_Daftar_Isi.pdf] Text
5171131004_Daftar_Isi.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 5171131004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5171131004_Daftar_Tabel.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 5171131004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5171131004_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 5171131004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5171131004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 5171131004_BAB_I.pdf] Text
5171131004_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5171131004_BAB_II.pdf] Text
5171131004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 5171131004_BAB_III.pdf] Text
5171131004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 5171131004_BAB_IV.pdf] Text
5171131004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 5171131004_BAB_V.pdf] Text
5171131004_BAB_V.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of 5171131004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5171131004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5171131004_Lampiran.pdf] Text
5171131004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Peserta didik harus menumbuhkan rasa minat belajar, yang mana minat belajar sangat mempengaruhi kesadaran karir seseorang, tetapi beberapa peserta didik tidak terlalu tertarik mempelajari mata pelajaran profesi pilihannya namun tetap ingin menekuni profesi sesuai konsentrasi keahlian yang dipilihnya. ​ Minat belajar erat hubungannya dengan hasil belajar peserta didik. ​ Berdasarkan fenomena yang ada di lapangan masih banyak peserta didik yang belum tahu akan berkarir seperti apa nantinya setelah lulus sekolah. ​
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara minat belajar dan kesadaran karir secara individu ataupun secara simultan dengan hasil belajar teknik instalasi tenaga listrik pada peserta didik kelas XI TITL di SMK Negeri 2 Medan. ​ Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. ​ Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik. ​ Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan jumlah 60 sampel. ​ Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas. ​ Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan uji normalitas, uji linieritas, uji determinasi, dan uji hipotesis dengan bantuan program komputer (SPSS 24.00). ​
Hasil analisis menunjukkan bahwasannya (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar teknik instalasi tenaga listrik pada taraf signifikansi 5% dengan koefisien korelasi rxiy = 0,498, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesadaran karir dengan hasil belajar teknik instalasi tenaga listrik pada taraf signifikansi 5% dengan koefisien korelasi rx2y = 0,826, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan kesadaran karir dengan hasil belajar teknik instalasi tenaga listrik pada taraf signifikansi 5% rxix2y = 0,829. ​

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat Belajar, Kesadaran Karir, Hasil Belajar, Teknik Instalasi Tenaga Listrik ​
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:44
Last Modified: 04 Jul 2025 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63154

Actions (login required)

View Item
View Item