PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA

Silaban, Che Che Rohani (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151024_Cover.pdf] Text
4203151024_Cover.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4203151024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4203151024_Abstrak.pdf] Text
4203151024_Abstrak.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 4203151024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151024_Kata_Pengantar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4203151024_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151024_Daftar_Isi.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4203151024_BAB_I.pdf] Text
4203151024_BAB_I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4203151024_BAB_II.pdf] Text
4203151024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of 4203151024_BAB_III.pdf] Text
4203151024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[thumbnail of 4203151024_BAB_IV.pdf] Text
4203151024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[thumbnail of 4203151024_BAB_V.pdf] Text
4203151024_BAB_V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4203151024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4203151024_Lampiran.pdf] Text
4203151024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains terhadap literasi sains dan argumentasi ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal yang terdiri dari 288 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda dengan empat pilihan untuk mengukur literasi sains dan tes esai untuk mengukur argumentasi ilmiah. Analisis data menggunakan manova, korelasi, dan uji normalisasi-gain (N-gain). Berdasarkan hasil uji manova, ditemukan bahwa pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains berpengaruh signifikan terhadap literasi sains dan argumentasi ilmiah siswa. Persentase peningkatan N-gain pada literasi sains di kelas eksperimen sebesar 72% (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol sebesar 41% (kategori sedang). Persentase peningkatan argumentasi ilmiah N-gain di kelas eksperimen sebesar 60% (kategori sedang) dan di kelas kontrol sebesar 18% (kategori rendah). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara literasi ilmiah dengan argumentasi ilmiah sebesar 0,797 pada kelas eksperimen, artinya terdapat korelasi yang tinggi antara literasi sains dan argumentasi ilmiah dengan pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains pada pembelajaran IPA kelas VII pada materi suhu, kalor, dan pemuaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 507.2 Sil p
Keywords: Etnosains; Pembelajaran berbasis fenomena; Literasi sains; Argumentasi ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:32
Last Modified: 03 Jul 2025 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63141

Actions (login required)

View Item
View Item