Silaban, Che Che Rohani (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203151024_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_Cover.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 4203151024_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of 4203151024_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_Abstrak.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 4203151024_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_Kata_Pengantar.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 4203151024_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_Daftar_Isi.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 4203151024_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_BAB_I.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 4203151024_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
![[thumbnail of 4203151024_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (403kB)
![[thumbnail of 4203151024_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (568kB)
![[thumbnail of 4203151024_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_BAB_V.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 4203151024_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (282kB)
![[thumbnail of 4203151024_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains terhadap literasi sains dan argumentasi ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal yang terdiri dari 288 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda dengan empat pilihan untuk mengukur literasi sains dan tes esai untuk mengukur argumentasi ilmiah. Analisis data menggunakan manova, korelasi, dan uji normalisasi-gain (N-gain). Berdasarkan hasil uji manova, ditemukan bahwa pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains berpengaruh signifikan terhadap literasi sains dan argumentasi ilmiah siswa. Persentase peningkatan N-gain pada literasi sains di kelas eksperimen sebesar 72% (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol sebesar 41% (kategori sedang). Persentase peningkatan argumentasi ilmiah N-gain di kelas eksperimen sebesar 60% (kategori sedang) dan di kelas kontrol sebesar 18% (kategori rendah). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara literasi ilmiah dengan argumentasi ilmiah sebesar 0,797 pada kelas eksperimen, artinya terdapat korelasi yang tinggi antara literasi sains dan argumentasi ilmiah dengan pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains pada pembelajaran IPA kelas VII pada materi suhu, kalor, dan pemuaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 507.2 Sil p |
Keywords: | Etnosains; Pembelajaran berbasis fenomena; Literasi sains; Argumentasi ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:32 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63141 |