Firmansyah, Arju Hendi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin Kelas X Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191121002_Cover.pdf
Download (227kB)
5191121002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (500kB)
5191121002_Kata_Pengantar.pdf
Download (382kB)
5191121002_Abstrak.pdf
Download (242kB)
5191121002_Daftar_Isi.pdf
Download (249kB)
5191121002_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
5191121002_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
5191121002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (237kB)
5191121002_BAB_I.pdf
Download (513kB)
5191121002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5191121002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (644kB)
5191121002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5191121002_BAB_V.pdf
Download (265kB)
5191121002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (446kB)
5191121002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbasis e-book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran dasar-dasar teknik mesin kelas X di SMK Negeri 1 Pefcut Sei Tuan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan pada kelas X pada pelajaran dasar-dasar teknik mesin (DDTM) dengan total 29 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu berupa instrumen angket dan soal pretest dan posttest. Kelayakan media pembelajaran pada elemen teknik dasar proses produksi pada bidang manufaktur (teknik mesin) setelah
melalui tahapan validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli desain, dan ahli instrumen pada penelitian ini adalah 39,4 dan rata-rata skor 3,68 yang dimana menempati kategori/kriteria sangat layak dan instrumen berupa angket yang telah di nilai oleh responden pengguna media pembelajaran berbasis e-book menyatakan bahwa e book membantu mereka memahami materi lebih baik dan membuat belajar menjadi lebih menarik, oleh karena itu memperoleh hasil instrumen berupa angket dengan nilai rata rata keseluruhan 3,57 dengan presentase 89,35% degan kategori sangat layak. Untuk mengetahui keefektifan diperoleh dari nilai pretest dan posttest melalui tahap uji t-paired dengan nilai t hitung 17,44 dan nilai t tabel 1,699, oleh karena itu nilai t hitung > t tabel yakni 17,44 > 1,699 maka terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis e-book.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; E-Book; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:58 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 07:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63139 |
