Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratorium Berbasis Phet Smulation Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global Kelas VII SMP N.4 Medan

Simanullang, Carlina (2024) Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratorium Berbasis Phet Smulation Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global Kelas VII SMP N.4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202451001_Cover.pdf] Text
4202451001_Cover.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4202451001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202451001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 4202451001_Abstrak.pdf] Text
4202451001_Abstrak.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 4202451001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202451001_Kata_Pengantar.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 4202451001_Daftar_Isi.pdf] Text
4202451001_Daftar_Isi.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 4202451001_BAB_I.pdf] Text
4202451001_BAB_I.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 4202451001_BAB_II.pdf] Text
4202451001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[thumbnail of 4202451001_BAB_III.pdf] Text
4202451001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of 4202451001_BAB_IV.pdf] Text
4202451001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[thumbnail of 4202451001_BAB_V.pdf] Text
4202451001_BAB_V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4202451001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202451001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4202451001_Lampiran.pdf] Text
4202451001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh penggunaan virtual laboratorium berbasis phet simulation terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan virtual laboratorium berbasis phet simulation terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Jenis penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 siswa yaitu kelas eksperimen berjumlah 32 orang dan kelas kontrol berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen lembar observasi untuk kemandirian belajar. Data penelitian dianalisis dengan uji t satu pihak untuk instrumen lembar observer dan instrumen tes. Hasil penelitian untuk instrumen hasil observer menunjukkan bahwa rata-rata skor kemandirian belajar pertemuan III kelas eksperimen 17,53 dan pertemuan skor pertemuan III kelas kontrol 15,59. Setelah dilakukan pengujian hipotesis terhadap data pertemuan III kedua kelompok sampel diperoleh nilai thitung = 10,46 dan ttabel =
1,669. Hasil penelitian untuk instrumen tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes siswa kelas eksperimen 83,15 dan rata-rata postes kelas kontrol 61,88. Setelah dilakukan pengujian hipotesis terhadap data postes kedua kelompok sampel diperoleh nilai thitung = 12,40 dan ttabel = 1,669. Adanya pengaruh penggunaan virtual laboratorium berbasis phet simulation terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Virtual laboratorium; PhET simulation; Kemandirian belajar; Hasil belajar; Pemananasan global
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:04
Last Modified: 03 Jul 2025 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63138

Actions (login required)

View Item
View Item