Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD N 107405 Sei Rotan. Skripsi. Medan

Pane, Ali Ibrahim (2025) Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD N 107405 Sei Rotan. Skripsi. Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1212111011_Cover.pdf] Text
1212111011_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1212111011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1212111011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1212111011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1212111011_Kata_Pengantar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1212111011_Abstrak.pdf] Text
1212111011_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1212111011_Daftar_Isi.pdf] Text
1212111011_Daftar_Isi.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 1212111011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1212111011_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1212111011_Daftar_Gambar.pdf] Text
1212111011_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1212111011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1212111011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1212111011_BAB_I.pdf] Text
1212111011_BAB_I.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 1212111011_BAB_II.pdf] Text
1212111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[thumbnail of 1212111011_BAB_III.pdf] Text
1212111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of 1212111011_BAB_IV.pdf] Text
1212111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[thumbnail of 1212111011_BAB_V.pdf] Text
1212111011_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1212111011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1212111011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1212111011_Lampiran.pdf] Text
1212111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Video Pembelajaran Interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas di SD N 107405 Sei Rotan di kelas V Semester I Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Sampel penelitian ini menggunakan keseluruhan siswa kelas V, Populasi pada penelitian di kelas V dengan total keseluruhan siswa sebanyak 66 orang. Instrument
penelitian menggunakan tes pretest dan posttest yang telah melalui Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Tingkat Kesukaran, Uji Daya Pembeda. Teknik analisis
dilakukan melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan Video Pembelajaran sebesar 80. Hasil belajar siswa menggunakan Video pembelajaran
sebesar 84,10. Analisis data pada Uji Normalitas menyatakan berdistribusi normal, data nilai pretest di kelas eksperimen yaitu Lhitung < Ltabel sebesar 0,09 < 0,15, sedangkan nilai posttest yaitu Lhitung < Ltabel sebesar 0,13 < 0,15, sedangkan kelas kontrol memperoleh pretest Lhitung < Ltabel sebesar 0,13 < 0,15 dan posttest Lhitung < Ltabel 0,14 < 0,15. Uji Homogenitas dikatakan homogen dengan nilai
Fhitung < Ftabel, yaitu 1,089 < 1,804, Pada Uji Hipotesis melihat hasil Perhitungan N-Gain ternormalisasi dengan hasil rata-rata peningkatan hasil belajar kelas Eksperimen adalah 65% dengan kriteria “Cukup Efektif” sedangkan rata-rata
peningkatan hasil belajar kelas kontrol adalah 52% dengan kriteria “Kurang Efektif”. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh dari Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
IPAS Kelas V SD N 107405 Sei Rotan T. A 2024/2025”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video Pembelajaran; Interaktif; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:12
Last Modified: 03 Jul 2025 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63125

Actions (login required)

View Item
View Item