Pane, Ali Ibrahim (2025) Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD N 107405 Sei Rotan. Skripsi. Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1212111011_Cover.pdf
Download (121kB)
1212111011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (384kB)
1212111011_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
1212111011_Abstrak.pdf
Download (213kB)
1212111011_Daftar_Isi.pdf
Download (259kB)
1212111011_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
1212111011_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1212111011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1212111011_BAB_I.pdf
Download (487kB)
1212111011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (990kB)
1212111011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
1212111011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (703kB)
1212111011_BAB_V.pdf
Download (206kB)
1212111011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
1212111011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Video Pembelajaran Interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas di SD N 107405 Sei Rotan di kelas V Semester I Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Sampel penelitian ini menggunakan keseluruhan siswa kelas V, Populasi pada penelitian di kelas V dengan total keseluruhan siswa sebanyak 66 orang. Instrument
penelitian menggunakan tes pretest dan posttest yang telah melalui Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Tingkat Kesukaran, Uji Daya Pembeda. Teknik analisis
dilakukan melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan Video Pembelajaran sebesar 80. Hasil belajar siswa menggunakan Video pembelajaran
sebesar 84,10. Analisis data pada Uji Normalitas menyatakan berdistribusi normal, data nilai pretest di kelas eksperimen yaitu Lhitung < Ltabel sebesar 0,09 < 0,15, sedangkan nilai posttest yaitu Lhitung < Ltabel sebesar 0,13 < 0,15, sedangkan kelas kontrol memperoleh pretest Lhitung < Ltabel sebesar 0,13 < 0,15 dan posttest Lhitung < Ltabel 0,14 < 0,15. Uji Homogenitas dikatakan homogen dengan nilai
Fhitung < Ftabel, yaitu 1,089 < 1,804, Pada Uji Hipotesis melihat hasil Perhitungan N-Gain ternormalisasi dengan hasil rata-rata peningkatan hasil belajar kelas Eksperimen adalah 65% dengan kriteria “Cukup Efektif” sedangkan rata-rata
peningkatan hasil belajar kelas kontrol adalah 52% dengan kriteria “Kurang Efektif”. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh dari Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
IPAS Kelas V SD N 107405 Sei Rotan T. A 2024/2025”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Video Pembelajaran; Interaktif; Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:12 |
| Last Modified: | 03 Jul 2025 04:12 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63125 |
