Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XI TITL SMK

Marbun, Cando Hotmartua (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XI TITL SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183131025_Cover.pdf] Text
5183131025_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 5183131025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183131025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 5183131025_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183131025_Kata_Pengantar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 5183131025_Abstrak.pdf] Text
5183131025_Abstrak.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 5183131025_Daftar_Isi.pdf] Text
5183131025_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 5183131025_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183131025_Daftar_Tabel.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 5183131025_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183131025_Daftar_Gambar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 5183131025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183131025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 5183131025_BAB_I.pdf] Text
5183131025_BAB_I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 5183131025_BAB_II.pdf] Text
5183131025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5183131025_BAB_III.pdf] Text
5183131025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[thumbnail of 5183131025_BAB_IV.pdf] Text
5183131025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[thumbnail of 5183131025_BAB_V.pdf] Text
5183131025_BAB_V.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 5183131025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183131025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 5183131025_Lampiran.pdf] Text
5183131025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning bertujuan untuk
melngeltahuli hasil bellajar siswa kellas XI TITL SMK pada instalasi motor listrik
melnggulnakan modell pelmbellajaran Discovelry Lelarning dan Problelm Baseld
Lelarning (PBL) serta melmbandingkan hasil modell pelmbellajaran Discovelry
Lelarning dan Problelm Baseld Lelarning (PBL). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan prel-elxpelrimelntal delsign delngan preltelst-posttelst control
groulp delsain : Hasil Discovelry Lelarning melmpelrolelh nilai rata-rata 77,84 delngan
nilai telrtinggi 83,33 dan nilai telrelndah 73,33, delngan tingkat kelcelndelrulngan pada
katelgori : 4 siswa delngan pelrselntasel 26% (tinggi), 3 siswa delngan pelrselntasel 20%
(culkulp), 5 siswa delngan pelrselntasel 34% (kulrang), 3 siswa delngan pelrselntasel 20%
(relndah) disimpulkan bahwa rata-rata persentase hasil belajar siswa pada kelas
kontrol tergolong kurang. Problelm Baseld Lelarning (PBL) melmpelrolelh nilai ratarata
84,31 delngan nilai telrtinggi 93,33 dan nilai telrelndah 76,67. Delngan tingkat
kelcelndelrulngan pada katelgori : 5 siswa delngan pelrselntasel 34% (tinggi), 6 siswa
delngan pelrselntasel 40% (culkulp), 2 siswa delngan pelrselntasel 13% (kulrang), 2 siswa
delngan pelrselntasel 13% (rendah) disimpulkan bahwa rata-rata persentase hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen tergolong cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Instalasi Motor Listrik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:32
Last Modified: 03 Jul 2025 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63120

Actions (login required)

View Item
View Item