Br Ginting, Elma Sari (2022) Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Berbasis Pembelajaran Kontekstual pada Siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Juhar Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183311029 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM 2183311029 APPROVAL SHEET.pdf
Download (396kB)
3. NIM 2183311029 ABSTRACT.pdf
Download (405kB)
4. NIM 2183311029 PREFACE.pdf
Download (325kB)
5. NIM 2183311029 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (238kB)
6. NIM 2183311029 LIST OF TABLE.pdf
Download (210kB)
7. NIM 2183311029 LIST OF FIGURE.pdf
Download (209kB)
8. NIM 2183311029 APPENDICES.pdf
Download (209kB)
9. NIM 2183311029 CHAPTER I.pdf
Download (666kB)
10. NIM 2183311029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (971kB)
11. NIM 2183311029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (911kB)
12. NIM 2183311029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13. NIM 2183311029 CHAPTER V.pdf
Download (342kB)
14. NIM 2183311029 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (350kB)
15. NIM 2183311029 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan proses
pengembangan bahan ajar teks deskripsi berbasis pembelajaran Kontekstual,
untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan menggunakan bahan ajar
teks deskripsi berbasis pembelajaran Kontekstual dan untuk mengetahui
keefektifan bahan ajar teks deskripsi berbasis pembelajaran Kontekstual.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and
development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall. Terdapat 30 sampel
dalam penelitian ini serta menggunakan Skala Likert pada analisis kebutuhan dan
masalah, validasi produk, penilaian guru bidang studi, respon siswa, serta hasil
ujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari
penelitian “Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Berbasis Pembelajaran
Kontekstual pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 3 Juhar Tahun Pembelajaran
2021/2022” termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hal ini didasarkan kepada
hasil validasi ahli materi sebesar 92% dengan kategori “sangat baik”, validasi ahli
desain sebesar 94% dengan kategori “sangat baik”, penilaian guru bidang studi
sebesar 100% dengan kategori “sangat baik”, respon siswa sebesar 93% dan hasil
uji coba memperoleh nilai rata-rata 84 Dengan demikian, produk dikatakan layak
digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Teks Deskripsi; Kontekstual |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:52 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63117 |
