Saragi, Ekaristina (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IVA SDN 106789 TANJUNG GUSTA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108 113 023 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108 113 023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108 113 023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
108 113 023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
108 113 023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
108 113 023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
108 113 023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
108 113 023 BAB I.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
108 113 023 BAB V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
108 113 023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya kreativitas belajar siswa pada pembelajaran sains pokok bahasan energi panas di kelas IVA SDN 106789 Tanjung Gusta Medan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok bahasan energi panas dengan menerapkan strategi pembelajaran contextual teaching and learning atau pembelajaran kontekstual di kelas IVA SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IVA SD N 106789 Tanjung Gusta yang berlokasi di jalan Pemasyarakatan Tanjung Gusta Sukadono Kabupaten Deli Serdang T.A 2011/2012, yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4 x pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus akan dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan observasi untuk mengukur tingkat kreativitas belajar siswa. Analisis data yang peroleh dari 30 sampel siswa menunjukkan bahwa skor kreativitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 ialah: terdapat 16 orang siswa (53,33%) yang belum kreatif dan 14 orang siswa (46,67%) yang sudah kreatif. Pada siklus I pertemuan 2 menunjukkan: terdapat 14 orang siswa (46,67%) yang belum kreatif dan 16 orang siswa (53,33%) yang sudah kreatif. Sedangkan pada siklus II pertemuan ketiga terdapat peningkatan yang signifikan, yang menunjukkan: terdapat 8 orang siswa (26,67%) yang belum kreatif dan 22 orang siswa (73,33%) yang sudah kreatif. Peningkatan juga terjadi diakhir siklus II pada pertemuan keempat yang menunjukkan: terdapat 4 orang siswa (13,33%) yang belum kreatif dan 26 orang siswa (86,67%) yang sudah kreatif. Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kreativitas belajar. Ini dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Energi Panas Dan Penggunannya di Kelas IV A SD N 106789 Tanjung Gusta Kabupaten Deli Serdang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar p |
Keywords: | Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Kreativitas Belajar; Pembelajaran Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6310 |