Analisis Peran Guru dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK An Nur Gunting Saga

Pitria, Yuli (2024) Analisis Peran Guru dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK An Nur Gunting Saga. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203313020_Cover.pdf] Text
1203313020_Cover.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203313020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203313020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203313020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203313020_Kata_Pengantar.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 1203313020_Abstrak.pdf] Text
1203313020_Abstrak.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1203313020_Abstrak.pdf] Text
1203313020_Abstrak.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1203313020_Daftar_Isi.pdf] Text
1203313020_Daftar_Isi.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203313020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203313020_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 1203313020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203313020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 1203313020_BAB_I.pdf] Text
1203313020_BAB_I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1203313020_BAB_II.pdf] Text
1203313020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[thumbnail of 1203313020_BAB_III.pdf] Text
1203313020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[thumbnail of 1203313020_BAB_IV.pdf] Text
1203313020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203313020_BAB_V.pdf] Text
1203313020_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 1203313020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203313020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1203313020_Lampiran.pdf] Text
1203313020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai model, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai evaluator dalam peningkatan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK An Nur Gunting Saga. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru sebagai model dalam peningkatan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK An Nur Gunting Saga sudah terlaksana dengan baik, peran guru sebagai motivator dalam pembentukan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun belum terlaksana dengan cukup baik yaitu pada bagian mengikuti minat anak di mana guru kurang memberikan dukungan atau waktu yang lebih untuk mengasah minat yang ada pada diri anak, dan peran guru sebagai evaluator dalam peningkatan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun belum terlaksana dengan baik di mana guru memberikan nilai yang sama rata untuk semua hasil karya anak, guru juga hanya menilai berdasarkan apa yang dilihat dan hanya mengumumkan nama-nama anak yang aktif selama proses pembelajaran berlangsung namun tidak menyebutkan nama anak lainnya yang mulai menunjukkan keaktifan mereka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran guru; Kecedasan emosional; Anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:25
Last Modified: 02 Jul 2025 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63082

Actions (login required)

View Item
View Item