Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Permainan Rounders Siswa Sekolah Dasar

Nugroho, Wasis (2024) Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Permainan Rounders Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226117003_Cover.pdf] Text
8226117003_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 8226117003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226117003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226117003_Abstrak.pdf] Text
8226117003_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 8226117003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226117003_Kata_Pengantar.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 8226117003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226117003_Daftar_Isi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8226117003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226117003_Daftar_Tabel.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 8226117003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226117003_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 8226117003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226117003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 8226117003_BAB_I.pdf] Text
8226117003_BAB_I.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of 8226117003_BAB_II.pdf] Text
8226117003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8226117003_BAB_III.pdf] Text
8226117003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226117003_BAB_IV.pdf] Text
8226117003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8226117003_BAB_V.pdf] Text
8226117003_BAB_V.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 8226117003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226117003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 8226117003_Lampiran.pdf] Text
8226117003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran team games tournament dan teaching games for understanding terhadap hasil belajar permainan rounders , (2) perbedaan pengaruh minat tinggi dan minat rendah terhadap hasil belajar permainan rounders; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan minat terhadap hasil belajar permainan rounders pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi berjumlah 56 siswa dari SDN 132413 dan SDN 132404 Tanjung Balai. Sampel berjumlah 32 siswa terdiri dari 4 kelompok, setiap kelompok ada 8 berdasarkan dari 27% atas dan bawah. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Games Tournament dan Teaching Games for Understanding terhadap hasil belajar permainan rounders; (2) ada interaksi antara model pembelajaran dan minat terhadap hasil belajar permainan rounders pada siswa sekolah dasar; (3) Model Team Games Tournament lebih baik dibandingkan model Teaching Games for Understanding pada hasil belajar permainan rounders kelompok siswa dengan minat tinggi; (4) tidak terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Teaching Games for Understanding dan Team Games Tournament terhadap hasil belajar permainan rounders pada kelompok siswa dengan minat rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 796.357 Nug p
Keywords: Hasil Belajar, Minat, Permainan Rounders, Teaching Games for Understanding, Team Games Tournament
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:38
Last Modified: 02 Jul 2025 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63068

Actions (login required)

View Item
View Item