Siregar, Saripahyani (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216121003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Cover.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 8216121003_Lembar Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Lembar Pengesahan.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 8216121003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Abstrak.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 8216121003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Kata_Pengantar.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 8216121003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Daftar_Isi.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of 8216121003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Daftar_Tabel.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 8216121003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 8216121003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 8216121003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_BAB_I.pdf
Download (381kB)
![[thumbnail of 8216121003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
![[thumbnail of 8216121003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (942kB)
![[thumbnail of 8216121003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216121003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_BAB_V.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 8216121003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (476kB)
![[thumbnail of 8216121003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216121003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Pada penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPA yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Jenis penelitian yang dikembangkan adalah model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan dalam pengembangan tersebut sebagai berikut: (1) Analysis bertujuan untuk melakukan studi pendahuluan, (2) Design bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang dikembangkan, (3) Development untuk uji kelayakan oleh ahli, (4) Implementation untuk uji coba pada calon pengguna dan (5) Evaluation untuk uji efektifitas penggunaan E-LKPD dengan pendekatan saintifik berbasis Discovery Learning pada pembelajaran IPA. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan: (1) Uji validasi Ahli Media diperoleh hasil rata-rata sebesar 87% dengan kategori sangat layak, (2) Uji validasi Ahli Materi diperoleh hasil rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat layak, (3) Uji validasi Ahli Desain Instruksional diperoleh hasil rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak, (4) Uji coba Perorangan diperoleh hasil rata-rata 91% dengan kategori sangat layak, (5) Uji coba Kelompok Kecil diperoleh hasil rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat layak, (6) Uji coba Kelompok Lapangan diperoleh hasil rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat baik, dan (7) Uji Kepraktisan guru diperoleh hasil rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat layak sedangkan uji kepraktisan untuk siswa diperoleh hasil rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Untuk hasil penggunaan E-LKPD dengan pendekatan saintifik berbasis Discovery Learning pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78% sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 72%. Uji hipotesis menggunakan Independent sample T-test hasil sig 2 Tailed yakni 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan E-LKPD Discovery Learning memiliki perbedaan yang nyata dengan taraf keyakinan 95%. Maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E- LKPD Discovery Learning cenderung memiliki hasil belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sir p |
Keywords: | Discovery Learning, E-LKPD IPA, Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:49 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63060 |