Tuzuhro, Fatimah (2025) Pengembangan Bahan Ajar Komik Ekonomi Digital Interaktif Berbasis Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MAN 3 Langkat. Masters thesis, UNIMED.
8226166007_Cover.pdf
Download (44kB)
8226166007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8226166007_Abstrak.pdf
Download (323kB)
8226166007_Kata_Pengantar.pdf
Download (569kB)
8226166007_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
8226166007_Daftar_Tabel.pdf
Download (198kB)
8226166007_Daftar_Gambar.pdf
Download (114kB)
8226166007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (116kB)
8226166007_BAB_I.pdf
Download (565kB)
8226166007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226166007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226166007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8226166007_BAB_V.pdf
Download (246kB)
8226166007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (560kB)
8226166007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui kelayakan bahan ajar komik ekonomi digital interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui keefektifan bahan ajar komik ekonomi digital interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model pengembangan 4D, (Define, Design , Develop, Disseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 3 Langkat. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Adapun Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X4 yang berjumlah 30 responden sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 berjumlah 30 responden sebagai Kelas kontrol. Lembar instrumen yang digunakan (1) lembar validasi ahli materi, (2) lembar validasi ahli media (3) lembar validasi ahli desain pembelajaran, (4) lembar kebutuhan awal siswa. Hasil pengujian hipoesis menunjukkan (1) bahan ajar komik ekonomi digital interaktif berbasis nilai karakter mendapatkan hasil untuk ahli materi sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”, ahli media 89% kategori “sangat layak”, ahli desain pembelajaran 94% kategori “sangat layak”. Kemudian produk bahan ajar komik juga divalidasi oleh guru ekonomi dengan skor 94,6% kategori sangat layak, serta respon dari peserta didik setelah menggunakan bahan ajar komik ekonomi mendapat skor 90% kategori “sangat layak”. (2) nilai sig.2-tailed kurang dari 0,05. Dapat diambil keputusan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar komik ekonomi digital interaktif berbasis nilai karakter dengan sesudah menggunakan bahan ajar komik ekonomi digital interkatif berbasis nilai karakter, dimana hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,67 sudah mencapai KKM pada kelas eksperimen dan rata-rata 69,5 pada kelas kontrol belum mencapai KKM. Dapat disimpulkan ahan ajar komik ekonomi digital interaktif efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 330.72 Tuz p |
| Keywords: | Bahan Ajar Komik Ekonomi Berbasis Nilai Karakter, Hasil Belajar |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:02 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 04:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63048 |
