Siburian, Jangkontua Samuel (2024) Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan. Masters thesis, UNIMED.
8216182019_Cover.pdf
Download (2MB)
8216182019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
8216182019_Abstrak.pdf
Download (2MB)
8216182019_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
8216182019_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
8216182019_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
8216182019_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
8216182019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (2MB)
8216182019_BAB_I.pdf
Download (2MB)
8216182019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8216182019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8216182019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8216182019_BAB_V.pdf
Download (2MB)
8216182019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
8216182019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menemukan pengaruh efikasi diri terhadap motivasi berprestasi, pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika, dan pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Paranginan. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto karena dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kejadian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis jalur diperoleh koefisien jalur antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi, yaitu: ρ21 = 0,240 dan t = 3,024 dengan taraf signifikansi 0,003 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Paranginan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis jalur diperoleh koefisien jalur antara efikasi diri dengan prestasi belajar matematika, yaitu: ρy1 = 0,205 dan t = 2,543 dengan nilai signifikansi 0,012 < 0,0, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Paranginan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis jalur diperoleh koefisien jalur antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika, yaitu: ρy2 = 0,172 dan t = 2,134 dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Paranginan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.7 Sib p |
| Keywords: | Efikasi Diri, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:36 |
| Last Modified: | 02 Jul 2025 02:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63033 |
