Sulaiman, Nanda Fahira (2024) Analisis Kemampuan Kognitif, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Materi Biodiversitas di Pedesaan dan Perkotaan Aceh. Masters thesis, UNIMED.
8226173002_Cover.pdf
Download (96kB)
8226173002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (681kB)
8226173002_Abstrak.pdf
Download (89kB)
8226173002_Kata_Pengantar.pdf
Download (134kB)
8226173002_Daftar_Isi.pdf
Download (123kB)
8226173002_Daftar_Tabel.pdf
Download (77kB)
8226173002_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
8226173002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (177kB)
8226173002_BAB_I.pdf
Download (336kB)
8226173002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (978kB)
8226173002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (441kB)
8226173002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226173002_BAB_V.pdf
Download (190kB)
8226173002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (355kB)
8226173002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah merupakan hal penting dalam pembelajaran Biologi. Wilayah pedesaan dan perkotaan memiliki kondisi alam yang berbeda, sehingga perlu untuk dilakukan analisis terkait kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik tingkat SMA di pedesaan dan perkotaan serta hubungan kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah terhadap personalitas peserta didik. Metode pada penelitian adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data untuk tes kognitif dan keterampilan proses sains berupa pilihan ganda sesuai dengan taksonomi bloom serta pada tes sikap ilmiah berupa pernyataan bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif peserta didik di perkotaan termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 57% dan di pedesaan sebesar 37% dengan kategori kurang baik, keterampilan proses sains peserta didik di perkotaan termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 57% di perkotaan dan di pedesaan sebesar 34% dengan kategori kurang baik serta sikap ilmiah peserta didik di perkotaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 71% dengan kategori baik dan di pedesaan sebesar 67% dengan kategori baik. Secara signifikan, terdapat perbedaan kemampuan kognitif, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik SMA di pedesaan dan perkotaan provinsi Aceh.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 578.707 2 Sul a |
| Keywords: | Kognitif, Keterampilan proses sains, Sikap ilmiah, Wilayah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:14 |
| Last Modified: | 01 Jul 2025 03:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62995 |
