Syahmina, Ifrah (2024) Pengembangan Modul Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) menggunakan Website dengan Model Discovery Learning di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216174007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Cover.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of 8216174007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216174007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Abstrak.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 8216174007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Kata_Pengantar.pdf
Download (768kB)
![[thumbnail of 8216174007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 8216174007_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 8216174007_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 8216174007_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (54kB)
![[thumbnail of 8216174007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_BAB_I.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 8216174007_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (587kB)
![[thumbnail of 8216174007_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216174007_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 8216174007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_BAB_V.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 8216174007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 8216174007_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216174007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
MAN 1 MEDAN menggunakan sistem SKS (Sistem Kredit Semester) dalam proses pembelajarannya. Penerapan sistem SKS dibarengi dengan penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). UKBM yang telah dicetak diberikan kepada siswa untuk membantu pembelajaran, sehingga siswa dituntut untuk belajar secara mandiri dan terampil. Seiring dengan penerapan modul ajar saat pembelajaran dibutuhkan adanya model pembelajaran yang sesuai sehingga proses belajar dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya maka dari itu peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning yang menekankan pentingnya pemahaman tentang apa yang dipelajari dan memerlukan keaktifan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul UKBM Biologi berbasis website dengan model discovery learning di MAN 1 Medan serta untuk mengetahui efektivitas penerapan modul tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian 4D. Model 4D merupakan salah satu metode penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel pada tahun 1974. Untuk menganalisis kelayakan desain Modul UKBM Biologi berbasis Website, peneliti menggunakan validator yakni ahli materi, ahli desain media pembelajaran, ahli desain website, guruBiologi serta angket siswa. Analisis dilakukan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan proses validasi ahli menunjukkan bahwa modul ini sangat valid dengan nilai 88% ahli materi, 84% ahli desain pembelajaran, 86% ahli desain website, 87% guru biologi. Uji Independent t test dilakukan untuk melihat ada tidaknya perbedaan pada hasil postes siswa dari kelompok eksperimen dan postes siswa dari kelompok control. Berdasarkan data hasil analisis, diketahui bahwa nilai Sig. (2- tailed) adalah 0,000< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas control. Maka diketahui bahwa nilai N-Gain untuk kelas eksperimen adalah 77,27 yang berarti bahwa modul UKBM Biologi menggunakan website dengan model pembelajaran discovery learning efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran biologi di kelas X MAN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.72 Sya p |
Keywords: | UKBM, Discovery Learning, Website, Modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62987 |