Rajagukguk, Meri (2025) Pengaruh Metode Bercerita Melalui Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Speech Delay Usia 4 tahun Di TK Swasta Katolik Budi Murni 2. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1213313037_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Cover.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of 1213313037_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (413kB)
![[thumbnail of 1213313037_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Kata_Pengantar.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 1213313037_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Abstrak.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 1213313037_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Daftar_Isi.pdf
Download (287kB)
![[thumbnail of 1213313037_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Daftar_Tabel.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of 1213313037_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Daftar_Gambar.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 1213313037_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Daftar_Lampiran.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of 1213313037_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_BAB_I.pdf
Download (670kB)
![[thumbnail of 1213313037_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1213313037_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1213313037_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1213313037_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_BAB_V.pdf
Download (374kB)
![[thumbnail of 1213313037_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Daftar_Pustaka.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 1213313037_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1213313037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan berbicara merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia
dini, yang meliputi pengucapan kata yang tepat, pengembangan kosakata, dan
pembentukan kalimat. Namun, salah satu anak mengalami keterlambatan
berbicara (speech delay), yang dapat menghambat kemampuan dalam
berkomunikasi secara efektif. Salah satu metode yang dapat membantu
meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan speech delay adalah metode
bercerita menggunakan boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap kemampuan berbicara
anak speech delay usia 4 tahun di TK Swasta Katolik Budi Murni 2. Jenis
penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A,
menggunakan teknik observasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis
data dilakukan melalui analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, yang
mencakup fase baseline-1 (A-1), intervensi (B), dan baseline-2 (A-2). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dengan boneka tangan
memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara
anak speech delay. Pada fase baseline-1 (A-1), anak memperoleh skor 31%
dengan kategori "Kurang Sekali," yang mencerminkan kesulitan dalam
pengucapan kata, pengembangan kosakata, serta penyusunan kalimat sederhana .
Setelah diberikan intervensi dalam 10 sesi, peningkatan mulai terlihat pada sesi
ke-8 hingga ke-10, dengan skor meningkat menjadi 50% dalam kategori "Cukup
Baik." Pada fase baseline-2 (A-2), skor anak meningkat lebih lanjut menjadi 62%
dengan kategori "Baik," menunjukkan dampak positif yang berkelanjutan dari
intervensi yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan berbicara; Metode bercerita; Boneka tangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:23 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62974 |