Wulandari, Nurfitri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Pada Materi Perawatan Tangan (Manicure) Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193144009_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Cover.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 5193144009_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (377kB)
![[thumbnail of 5193144009_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Kata_Pengantar.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 5193144009_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Abstrak.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 5193144009_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Daftar_Isi.pdf
Download (490kB)
![[thumbnail of 5193144009_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Daftar_Tabel.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of 5193144009_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Daftar_Gambar.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 5193144009_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_BAB_I.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of 5193144009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193144009_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
![[thumbnail of 5193144009_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 5193144009_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_BAB_V.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 5193144009_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
![[thumbnail of 5193144009_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193144009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pada materi perawatan tangan (Manicure) peneliti menemukan masalah :
guru masih menggunakan PPT yang berisi gambar dan teks, siswa kurang aktif
dalam kegiatan belajar, siswa kurang tepat dalam melakukan langkah-langkah
perawatan tangan (manicure), siswa kurang tepat dalam melakukan teknik
pembersihkan kutikula, siswa belum memahami prosedur pengaplikasian
kosmetik yang benar pada perawatan tangan, siswa kurang tepat dalam melakukan
5 gerakan pengurutan (massage). Maka penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mengetahui pengembangan media pembelajaran E-modul pada materi perawatan
tangan (manicure) di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2023/2024. (2)
Mengetahui kelayakan media pembelajaran E-modul pada materi perawatan
tangan (manicure) di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2023/2024.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan serta
model pengembangan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysiss, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Produk akan divalidasi oleh 3 ahli
materi dan 3 ahli media. Uji kelayakan dalam penelitian ini dilakukan pada 3
orang siswa sebagai uji kelompok kecil, 8 orang siswa sebagai uji kelompok
sedang dan 24 orang siswa sebagai uji kelompok besar. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data
yaitu teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian Pengembangan Media Pembelajaran E-modul
diperoleh dari (1) Validasi dari ahli materi memperoleh nilai sebesar 92% dengan
kategori “sangat layak”. (2) Validasi dari ahli media berada pada kualifikasi
“sangat layak” dengan nilai sebesar 88%. Selanjutnya pada uji kelayakan media
pembelajaran (1) Uji kelompok kecil berada pada kualifikasi “sangat layak”
dengan nilai sebesar 98%. (2) Uji kelompok sedang berada pada kualifikasi
“sangat layak” dengan nilai sebesar 94%. (3) Uji coba lapangan berada pada
kualifikasi “sangat layak” dengan nilai sebesar 96%. Dengan demikian Uji
kelayakan media memperoleh rata-rata skor sebesar 96% dengan kategori “sangat
layak”. Maka Media Pembelajaran E-modul Pada Materi Perawatan Tangan
(Manicure) Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dikategorikan layak digunakan
sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, E-modul, Perawatan Tangan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT495 Human body and its parts. Personal beauty |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:14 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62972 |