Sihite, Hafni Aprilia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-dasar DPIB Siswa Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5203111014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Cover.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 5203111014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (789kB)
![[thumbnail of 5203111014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Kata_Pengantar.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 5203111014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Abstrak.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 5203111014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 5203111014_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Daftar_Tabel.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of 5203111014_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Daftar_Gambar.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of 5203111014_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of 5203111014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_BAB_I.pdf
Download (520kB)
![[thumbnail of 5203111014_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203111014_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203111014_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (809kB)
![[thumbnail of 5203111014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_BAB_V.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 5203111014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (281kB)
![[thumbnail of 5203111014_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh berbeda dari hasil belajar Gambar Teknik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Explicit Instruction dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025 semester ganjil. Bentuk desain penelitian ini yaitu True Experimental Design dengan metode desain penelitian yaitu Pretest Posttest Control Group Design yang menggunakan kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa dengan sampelnya adalah X DPIB 1 sebanyak 31 siswa dan X DPIB 2 sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu soal Kognitif (Pretest dan Posttest) dan rubrik penilaian hasil belajar Psikomotorik. Teknik analisis data adalah menggunakan uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah
rata-rata hasil belajar ranah kognitif (Posttest) kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yakni 87,32 > 75, juga ranah psikomotorik yakni 88,516 > 81,093 untuk kelas eksperimen. Kecenderungan hasil belajar kognitif (Posttest)
dinyatakan dengan hasil belajar kognitif (Posttest) siswa kelas eksperimen cenderung lebih mengungguli daripada siswa kelas kontrol dan kecenderungan hasil belajar psikomotorik dinyatakan dengan hasil belajar psikomotorik siswa kelas eksperimen cenderung lebih mengungguli daripada siswa kelas kontrol Hasil penelitian ini juga dibuktikan dengan hasil uji-t dimana t-hitung ranah kognitif adalah 7,733 dan t-hitung ranah Psikomotorik adalah 2,677 dengan t tabel yaitu 1,670 sehingga (t-hitung > t-tabel) sehingga �� diterima dan �� ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction memberikan pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar Gambar teknik siswa kelas X DPIB T.A 2024/2025 semester ganjil dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Dasar-dasar DPIB; Gambar Teknik; Hasil Belajar Gambar Teknik; Model Pembelajaran Explicit Instruction |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:59 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62960 |