Mardhani, Lies Eka (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 024766 BINJAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311053 COVER .pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
109311053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
109311053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
109311053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
109311053 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
109311053 DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109311053 BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
109311053 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Penngetahuan Sosial (IPS) pada materi Peristiwa di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SD Negeri 024766 Binjai T.A 2012/2013.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 024766 Binjai, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang, objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together, dan data dikumpulkan dengan menggunakan lembar test dan observasi. Berdasarkan test awal (pre test) yang dilakukan terhadap 22 orang siswa terdapat sekitar 6 orang (27,3%) siswa yang mengalami ketuntasan belajar dan 16 orang (72,1%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan perolehan nilai rata-rata 31,82. Pada siklus I terdapat 12 orang (54,5%) siswa yang tuntas dalam belajar dan 10 orang (45,5%) yang tidak mengalami ketuntasan dengan perolehan nilai rata-rata 62,81. Dan perolehan nilai observasi peneliti sebesar 67,2, sedangkan nilai observasi siswa sebesar 62,5, dan itu sudah dikategorikan sebagai cukup. Pada siklus II terdapat 19 orang (86,4%) siswa yang telah tuntas dan hanya 3 orang (13,6%) siswa yang masih belum tuntas namun perolehan nilai rata-rata sudah mencapai 82,13. Dan perolehan nilai observasi peneliti sebesar 86,25, sedangkan nilai observasi siswa sebesar 87,5, dan itu sudah dikategorikan sebagai baik.Berdasarkan hasil penelitian mulai dari pre tes, pos tes siklus I, dan pos tes sikulus II secara empiris telah terbukti adanya peningkatan yang signifikan. Dengan demikian penggunaan strategi pembelajaran kooperatid tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi peristiwa di sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia di SD Negeri 024766 Binjai T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Mar m |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; NHT |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6296 |