Yohani, Fitri (2024) Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Project Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5191111008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Cover.pdf
Download (434kB)
![[thumbnail of 5191111008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (265kB)
![[thumbnail of 5191111008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (700kB)
![[thumbnail of 5191111008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Abstrak.pdf
Download (519kB)
![[thumbnail of 5191111008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Daftar_Isi.pdf
Download (384kB)
![[thumbnail of 5191111008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
![[thumbnail of 5191111008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Daftar_Gambar.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 5191111008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of 5191111008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_BAB_I.pdf
Download (681kB)
![[thumbnail of 5191111008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191111008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191111008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191111008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_BAB_V.pdf
Download (275kB)
![[thumbnail of 5191111008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (524kB)
![[thumbnail of 5191111008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191111008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Project Kreatif Dan Kewirausahaan kelas XI Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan nilai ulangan harian Project Kreatif Dan Kewirausahaan siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 1 Lubuk Pakam masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai standar KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester Ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Direct Instruction dengan model Project Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 22 butir soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Project Kreatif Dan Kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan model Project Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan model Direct Instruction. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Project Based Learning sebesar 81,34% sedangkan rata rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Direct Instruction sebesar 63,84%. Pengaruh hasil belajar model Project Based Learning dibuktikan dengan analisis statistik uji-t
satu pihak yang menunjukkan �ℎ����� 4,930 > ������ 1,670. Pada model Project Based Learning siswa lebih senang belajar karena dengan model tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan bekerjasama antar siswa sehingga hasil
belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran dengan model Direct Instruction menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif karena hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan oleh Guru saja, tetapi siswa sulit menerapkan yang ajarkan oleh Guru ke dalam pelaksanaan project.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning; Direct Instruction; Hasil Belajar; Project Kreatif Dan Kewirausahaan; SMK Negeri 1 Lubuk Pakam |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:14 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62955 |