Pengaruh Media Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung SMK Negeri 2 Medan

Butar-Butar, Christina (2024) Pengaruh Media Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5202411008_Cover.pdf] Text
5202411008_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5202411008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5202411008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 5202411008_Kata_Pengantar.pdf] Text
5202411008_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 5202411008_Abstrak.pdf] Text
5202411008_Abstrak.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 5202411008_Daftar_Isi.pdf] Text
5202411008_Daftar_Isi.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 5202411008_Daftar_Tabel.pdf] Text
5202411008_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5202411008_Daftar_Gambar.pdf] Text
5202411008_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 5202411008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5202411008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 5202411008_BAB_I.pdf] Text
5202411008_BAB_I.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 5202411008_BAB_II.pdf] Text
5202411008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[thumbnail of 5202411008_BAB_III.pdf] Text
5202411008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202411008_BAB_IV.pdf] Text
5202411008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202411008_BAB_V.pdf] Text
5202411008_BAB_V.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 5202411008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5202411008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 5202411008_Lampiran.pdf] Text
5202411008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung dengan menggunakan media berbasis Augmented Reality. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 1 yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis augmented reality dan siswa kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 30 siswa yang diajar
dengan media pembelajaran power point berbasis Video. Sebelum penelitian ini dilakukan, intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen
tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung diperoleh 26 butir soal yang valid dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar
0,853 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dan Media Pembelajaran power point berbasis Video memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan (Fhitung = 27,52 > Ftabel = 4,01) terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar DPB kelompok yang diajar dengan Model Pembelajaran Example Non Example lebih unggul (T hitung = 4,120 > Ttabel = 1,671) dari Media Pembelajaran power point berbasis video pada taraf signifikan α = 0,05. Dapat diartikan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Video
memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Augmented Reality; Power Point berbasis Video; Hasil Belajar; Konstruksi Dan Utilitas Gedung; SMK Negeri 2 Medan
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:57
Last Modified: 30 Jun 2025 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62923

Actions (login required)

View Item
View Item