Butar-Butar, Christina (2024) Pengaruh Media Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202411008_Cover.pdf
Download (219kB)
5202411008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (134kB)
5202411008_Kata_Pengantar.pdf
Download (158kB)
5202411008_Abstrak.pdf
Download (443kB)
5202411008_Daftar_Isi.pdf
Download (284kB)
5202411008_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
5202411008_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
5202411008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
5202411008_BAB_I.pdf
Download (490kB)
5202411008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (855kB)
5202411008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202411008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202411008_BAB_V.pdf
Download (416kB)
5202411008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (454kB)
5202411008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung dengan menggunakan media berbasis Augmented Reality. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 1 yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis augmented reality dan siswa kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 30 siswa yang diajar
dengan media pembelajaran power point berbasis Video. Sebelum penelitian ini dilakukan, intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen
tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung diperoleh 26 butir soal yang valid dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar
0,853 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dan Media Pembelajaran power point berbasis Video memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan (Fhitung = 27,52 > Ftabel = 4,01) terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar DPB kelompok yang diajar dengan Model Pembelajaran Example Non Example lebih unggul (T hitung = 4,120 > Ttabel = 1,671) dari Media Pembelajaran power point berbasis video pada taraf signifikan α = 0,05. Dapat diartikan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Video
memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Augmented Reality; Power Point berbasis Video; Hasil Belajar; Konstruksi Dan Utilitas Gedung; SMK Negeri 2 Medan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:57 |
| Last Modified: | 30 Jun 2025 03:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62923 |
