L'efficacité D'utilisation De Jeu Bouche à l’'oreille À Sman 19 Medan

Panjaitan, Legian Putri Ningsih (2024) L'efficacité D'utilisation De Jeu Bouche à l’'oreille À Sman 19 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203331004_Cover.pdf] Text
2203331004_Cover.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 2203331004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203331004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203331004_Abstrak.pdf] Text
2203331004_Abstrak.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 2203331004_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203331004_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2203331004_Daftar_Isi.pdf] Text
2203331004_Daftar_Isi.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 2203331004_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203331004_Daftar_Tabel.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 2203331004_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203331004_Daftar_Gambar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 2203331004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203331004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 2203331004_BAB_I.pdf] Text
2203331004_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 2203331004_BAB_II.pdf] Text
2203331004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[thumbnail of 2203331004_BAB_III.pdf] Text
2203331004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[thumbnail of 2203331004_BAB_IV.pdf] Text
2203331004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[thumbnail of 2203331004_BAB_V.pdf] Text
2203331004_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 2203331004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203331004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 2203331004_Lampiran.pdf] Text
2203331004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan permainan “Bouche à
l'oreille” dalam meningkatkan kemampuan produksi lisan pada materi “Tingkah
Laku Sehari-hari” pada siswa SMAN 19 Medan. Masalah dalam penelitian ini
adalah siswa mengalami kesulitan untuk berbicara tentang kegiatan sehari-hari di
antara mereka sendiri, yang dibenarkan oleh hasil pre-test yang menunjukkan
bahwa 24 dari 30 siswa tidak tahu bagaimana cara berbicara tentang kegiatan
sehari-hari dalam bahasa Prancis. Menurut hasil wawancara dengan guru, masalah
tersebut disebabkan oleh kurangnya fasilitas pengajaran di SMAN 19 Medan.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pre-test kelompok.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk mengumpulkan sampel adalah
purposive sampling. Prosedur pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai berikut:
pre-test, treatment, post-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan
awal siswa dengan meminta siswa untuk membaca kalimat-kalimat kegiatan seharihari
yang telah disiapkan oleh peneliti, setelah mendapatkan hasil dari pre-test,
treatment dilakukan dengan memberikan pembelajaran kepada siswa dengan
permainan “Bouche à l'oreille” pada materi “La routine quotidienne”, langkah
terakhir dilakukan setelah pelaksanaan treatment, yaitu post-test untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan
menggunakan permainan “Bouche à l'oreille”. Setelah dilakukan serangkaian
penelitian, diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan. Yaitu dari rata-rata
35,14 pada pre-test menjadi nilai 84,74 pada post-test. Untuk mengetahui
keefektifan penggunaan permainan “Bouche à l'oreille”, maka dilakukan uji N-gain
yang dihitung berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dan diperoleh rata-rata hasil
belajar siswa meningkat sebesar 73% jika dipadukan dengan tabel uji keefektifan
media, maka 73% masuk dalam kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan permainan “Bouche à l'oreille” efektif dalam meningkatkan
keterampilan produksi lisan siswa kelas XI IPS SMAN 19 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efektivitas; Bouche à l'oreille; Produksi Lisan; La routine quotidienne
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:16
Last Modified: 30 Jun 2025 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62919

Actions (login required)

View Item
View Item