Pengembangan Modul K3LH Berbasis Kode-Qr Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Pekerjaan Kontruksi Bangunan Perumahan Kelas X TKP Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Azzahra, Aqila (2024) Pengembangan Modul K3LH Berbasis Kode-Qr Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Pekerjaan Kontruksi Bangunan Perumahan Kelas X TKP Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192111003_Cover.pdf] Text
5192111003_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5192111003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192111003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 5192111003_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192111003_Kata_Pengantar.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 5192111003_Abstrak.pdf] Text
5192111003_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 5192111003_Daftar_Isi.pdf] Text
5192111003_Daftar_Isi.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 5192111003_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192111003_Daftar_Tabel.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 5192111003_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192111003_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 5192111003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192111003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 5192111003_BAB_I.pdf] Text
5192111003_BAB_I.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 5192111003_BAB_II.pdf] Text
5192111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5192111003_BAB_III.pdf] Text
5192111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5192111003_BAB_IV.pdf] Text
5192111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5192111003_BAB_V.pdf] Text
5192111003_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 5192111003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192111003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5192111003_Lampiran.pdf] Text
5192111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengumpulan data dari analisis kebutuhan siswa bahwa diketahui siswa memerlukan media pembelajaran yang belum memadai didalam kelas. Maka, tercetuslah media pembelajaran berupa modul K3LH berbasis kode-Qr yang akan
membantu siswa dalam pembelajaran mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memvalidasi kelayakan media pembelajaran berupa modul K3LH berbasis kode Qr yang dikembangkan sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa pada mata pelajaran teknik dasar pekerjaan kontruksi bangunan perumahan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang tersusun dari analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Tahap analisis terbagi atas analisis kebutuhan, materi dan peserta didik dari elemen proses bisnis menyeluruh pada teknik konstruksi properti. Tahapan perancangan adalah menyususun
kebutuhan kebutuhan, materi dan peserta didik menjadi materi yang sesuai dengan tahap analisis dan menyususun instrumen validasi serta uji kelayakan. Tahap pengembangan adalah pembuatan media pembelajaran berupa modul K3LH berbasis kode-Qr dan divalidasi oleh ahli materi, media, Bahasa, dan pengguna. Implementasi atau tahap uji coba diikuti oleh 30 siswa kelas X TKP SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian dari penilaian media modul K3LH berbasis kode
Qr oleh ahli materi memperoleh skor 88% kategori layak, ahli media mendapatkan skor 86% kategori layak, ahli bahasa mendapatkan skor 81% kategori layak dan pengguna mendapatkan skor 87% kategori layak. Sehingga media pembelajaran
modul K3LH berbasis kode-Qr dengan materi pengertian, tujuan, syarat K3LH, faktor penyebab kecelakaan kerja pada proyek konstruksi, alat pelindung diri K3 dan rambu juga symbol K3 menurut para ahli dan pengguna dinyatakan layak
digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Modul K3LH; Kode-Qr
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:19
Last Modified: 30 Jun 2025 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62910

Actions (login required)

View Item
View Item