Simbolon, Dessy M (2025) Analisis Pengelolaan Kelas Di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203113019_Cover.pdf
Download (122kB)
1203113019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (358kB)
1203113019_Kata_Pengantar.pdf
Download (291kB)
1203113019_Abstrak.pdf
Download (198kB)
1203113019_Daftar_Isi.pdf
Download (191kB)
1203113019_Daftar_Tabel.pdf
Download (155kB)
1203113019_Daftar_Gambar.pdf
Download (155kB)
1203113019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1203113019_BAB_I.pdf
Download (395kB)
1203113019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (852kB)
1203113019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (533kB)
1203113019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203113019_BAB_V.pdf
Download (191kB)
1203113019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (386kB)
1203113019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan kelas nonfisik yang dilakukan oleh guru, mencakup pengelolaan interaksi antara anak dengan anak lainnya serta interaksi anak dengan guru di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 4 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas non fisik meliputi interaksi antar anak dengan anak lainnya dan interaksi anak dengan guru. Interaksi antar anak berperan penting dalam pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan komunikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan interaksi di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa berperan penting dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, komunikasi anak. Guru berperan sebagai fasilitator dalam membangun interaksi positif antara anak dengan teman sebaya
maupun dengan guru. Lingkungan belajar yang kondusif, rutinitas yang terstruktur, serta kolaborasi antara guru dan orang tua turut mendukung keterlibatan anak dalam pembelajaran. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam pengelolaan kelas nonfisik, terutama dalam meningkatkan disiplin dan partisipasi aktif anak. Oleh karena itu, strategi pengelolaan kelas perlu terus dikembangkan agar lebih efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengelolaan Kelas; Interaksi; Pembinaan anak Tk |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:19 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 04:19 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62857 |
