Analisis Pengelolaan Kelas Di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa.

Simbolon, Dessy M (2025) Analisis Pengelolaan Kelas Di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203113019_Cover.pdf] Text
1203113019_Cover.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1203113019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203113019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 1203113019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203113019_Kata_Pengantar.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 1203113019_Abstrak.pdf] Text
1203113019_Abstrak.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1203113019_Daftar_Isi.pdf] Text
1203113019_Daftar_Isi.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1203113019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203113019_Daftar_Tabel.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 1203113019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203113019_Daftar_Gambar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 1203113019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203113019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203113019_BAB_I.pdf] Text
1203113019_BAB_I.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 1203113019_BAB_II.pdf] Text
1203113019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[thumbnail of 1203113019_BAB_III.pdf] Text
1203113019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of 1203113019_BAB_IV.pdf] Text
1203113019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203113019_BAB_V.pdf] Text
1203113019_BAB_V.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1203113019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203113019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 1203113019_Lampiran.pdf] Text
1203113019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan kelas nonfisik yang dilakukan oleh guru, mencakup pengelolaan interaksi antara anak dengan anak lainnya serta interaksi anak dengan guru di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 4 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas non fisik meliputi interaksi antar anak dengan anak lainnya dan interaksi anak dengan guru. Interaksi antar anak berperan penting dalam pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan komunikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan interaksi di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa berperan penting dalam mendukung perkembangan sosial, emosional, komunikasi anak. Guru berperan sebagai fasilitator dalam membangun interaksi positif antara anak dengan teman sebaya
maupun dengan guru. Lingkungan belajar yang kondusif, rutinitas yang terstruktur, serta kolaborasi antara guru dan orang tua turut mendukung keterlibatan anak dalam pembelajaran. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam pengelolaan kelas nonfisik, terutama dalam meningkatkan disiplin dan partisipasi aktif anak. Oleh karena itu, strategi pengelolaan kelas perlu terus dikembangkan agar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengelolaan Kelas; Interaksi; Pembinaan anak Tk
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 26 Jun 2025 04:19
Last Modified: 26 Jun 2025 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62857

Actions (login required)

View Item
View Item