Pengembangan E-modul Pembuatan Pola Dasar Busana Kelas X Di SMK SWASTA PARIWISATA IMELDA MEDAN

Fabella, Julia (2024) Pengembangan E-modul Pembuatan Pola Dasar Busana Kelas X Di SMK SWASTA PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193343030_Cover.pdf] Text
5193343030_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 5193343030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193343030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 5193343030_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193343030_Kata_Pengantar.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 5193343030_Abstrak.pdf] Text
5193343030_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5193343030_Daftar_Isi.pdf] Text
5193343030_Daftar_Isi.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 5193343030_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193343030_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5193343030_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193343030_Daftar_Gambar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 5193343030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193343030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 5193343030_BAB_I.pdf] Text
5193343030_BAB_I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 5193343030_BAB_II.pdf] Text
5193343030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193343030_BAB_III.pdf] Text
5193343030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193343030_BAB_IV.pdf] Text
5193343030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 5193343030_BAB_V.pdf] Text
5193343030_BAB_V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 5193343030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193343030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 5193343030_Lampiran.pdf] Text
5193343030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan khususnya pada materi pembuatan pola dasar busana Teknik konstruksi sistem praktis yakni siswa sulit mengingat langkah-langkah pembuatan pola dasar busana, siswa sulit mengingat rumus pembuatan pola dasar, siswa sulit menentukan tanda-tanda pembuatan pola dasar dan siswa belum mampu belajar secara mandiri. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan E-Modul Pembuatan Pola Dasar Konstruksi kelas X di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan (2) mengetahui kelayakan E-modul Pembuatan Pola Dasar Konstruksi kelas X di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D) melalui 4 tahapan pengembangan yaitu tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design),
Pengembangan (Develop) dan tahap Penyebaran (Disseminate). Uji coba kelayakan media divalidasikan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan pada kelompok Kecil (3 siswa), kelompok Sedang (8 siswa) dan kelompok besar (lapangan) (20 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-modul dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Besar skor rata rata yang diberikan oleh ahli materi yaitu 92,65% dengan kategori Sangat Baik dan ahli media yaitu 87,64% dengan kategori Sangat Baik. Pada uji coba produk oleh kelompok perorangan memperoleh persentase rata-rata skor sebesar 87 % dengan kategori sangat baik, kelompok sedang sebesar 94% kategori Sangat Baik dan pada uji kelompok lapangan 89,5% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan keseluruhan hasil persentase penilaian kelayakan media e-modul ini memperoleh rata rata 90,25% termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pembuatan pembuatan pola dasar busana di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; E-modul; Pola Dasar Konstruksi
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:58
Last Modified: 26 Jun 2025 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62851

Actions (login required)

View Item
View Item