Lumban Tobing, Lestina M. (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 MATERI TERMODINAMIKA PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121041_Cover.pdf
Download (222kB)
4203121041_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (398kB)
4203121041_Abstrak.pdf
Download (223kB)
4203121041_Kata_Pengantar.pdf
Download (274kB)
4203121041_Daftar_Isi.pdf
Download (491kB)
4203121041_BAB_I.pdf
Download (322kB)
4203121041_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
4203121041_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (762kB)
4203121041_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (424kB)
4203121041_BAB_V.pdf
Download (222kB)
4203121041_Daftar_Pustaka.pdf
Download (281kB)
4203121041_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada materi termodinamika dan menganalisis kelayakan multimedia pembelajaran ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan multimedia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa angket kelayakan, respon siswa, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika dan guru fisika sebagai validator, serta siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Sumbul. Hasil penelitian berupa tingkat kelayakan diperoleh persentasi rata-rata 94,54 % dengan kategori sangat layak, tingkat kepraktisan multimedia memperoleh persentasi ratarata 93,3 % pada uji coba kelompok kecil dan 94,7 % pada uji coba kelompok besar dengan kategori sangat praktis. Sedangkan, tingkat keefektifan multimedia diperoleh N-gain sebesar 0,80 yang menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan multimedia pembelajaran fisika berbasis kontekstual pada materi termodinamika ini dinyatakan layak, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Multimedia; Termodinamika; Pembelajaran kontekstual; Adobe flash CS6 |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:35 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 07:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62789 |
