PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 MATERI TERMODINAMIKA PADA SISWA SMA

Lumban Tobing, Lestina M. (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 MATERI TERMODINAMIKA PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121041_Cover.pdf] Text
4203121041_Cover.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4203121041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 4203121041_Abstrak.pdf] Text
4203121041_Abstrak.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4203121041_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121041_Kata_Pengantar.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 4203121041_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121041_Daftar_Isi.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 4203121041_BAB_I.pdf] Text
4203121041_BAB_I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 4203121041_BAB_II.pdf] Text
4203121041_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of 4203121041_BAB_III.pdf] Text
4203121041_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[thumbnail of 4203121041_BAB_IV.pdf] Text
4203121041_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of 4203121041_BAB_V.pdf] Text
4203121041_BAB_V.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4203121041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4203121041_Lampiran.pdf] Text
4203121041_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada materi termodinamika dan menganalisis kelayakan multimedia pembelajaran ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan multimedia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa angket kelayakan, respon siswa, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika dan guru fisika sebagai validator, serta siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Sumbul. Hasil penelitian berupa tingkat kelayakan diperoleh persentasi rata-rata 94,54 % dengan kategori sangat layak, tingkat kepraktisan multimedia memperoleh persentasi ratarata 93,3 % pada uji coba kelompok kecil dan 94,7 % pada uji coba kelompok besar dengan kategori sangat praktis. Sedangkan, tingkat keefektifan multimedia diperoleh N-gain sebesar 0,80 yang menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan multimedia pembelajaran fisika berbasis kontekstual pada materi termodinamika ini dinyatakan layak, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Multimedia; Termodinamika; Pembelajaran kontekstual; Adobe flash CS6
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:35
Last Modified: 25 Jun 2025 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62789

Actions (login required)

View Item
View Item