-, Yusmitasari (2025) Analisis Penerapan Fungsi Pendidikan Keluarga Pada Keluarga Prasejahtera di Desa Berohol Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201171006_Cover.pdf
Download (94kB)
1201171006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (725kB)
1201171006_Kata_Pengantar.pdf
Download (230kB)
1201171006_Abstrak.pdf
Download (83kB)
1201171006_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
1201171006_Daftar_Tabel.pdf
Download (53kB)
1201171006_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
1201171006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (99kB)
1201171006_BAB_I.pdf
Download (323kB)
1201171006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (754kB)
1201171006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
1201171006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (992kB)
1201171006_BAB_V.pdf
Download (85kB)
1201171006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (131kB)
1201171006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan fungsi pendidikan keluarga pada keluarga prasejahtera di Desa Berohol Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang tua dari keluarga prasejahtera. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi pendidikan keluarga prasejahtera di Desa Berohol berdasarkan indikator fungsi kuantitatif dan fungsi selektif : (1) fungsi kuantitatif, orang tua sudah cukup baik dalam menerapkan fungsi kuantitatif, yang mana orang tua sudah membiasakan anak untuk beribadah, mengajarkan kedisiplinan kepada anak seperti bangun dan pergi sekolah dengan tepat waktu, mengajarkan kejujuran kepada anak, namun dalam mengajarkan sopan santun masih ada orang tua yang kurang bersikap tegas kepada anak, sehingga 1 dari 3 anak kurang menghormati orang tuanya. (2) fungsi selektif, penerapan fungsi selektif masih kurang baik diterapkan orang tua dari keluarga prasejahtera. Orang tua kurang memberikan pengawasan atau pendampingan kepada anak baik pengawasan dalam belajar maupun pengawasan dalam bermain gadget. Hanya 1 dari 3 informan yang memberikan batasan kepada anak dalam bermain gadget
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pendidikan keluarga; Keluarga prasejahtra; Anak |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:03 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 04:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62773 |
