Mastina (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI POKOK SUMBER ENERGI PANAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 DABUN GELANG KAB GAYO LUES T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099020 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109099020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
109099020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
109099020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
109099020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
109099020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109099020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109099020 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109099020 BAB 1.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
109099020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109099020 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109099020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Dabun Gelang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sains pada materi pokok sumber energi panas dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SD Negeri 2 Dabun Gelang. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 2 Dabun Gelang yang berlokasi di Desa Badak Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Dabun Gelang yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sebelum di berikan tindakan dari hasil tes awal siswa sebesar 28,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 15% setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi, hasil pos tes tingkat penguasaan meningkat menjadi rata-rata 45,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 30% selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan tetap menggunakan metode demonstrasi tingkat pengguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 81 dengan ketuntasan klasikal 85% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar sains pada materi pokok sumber energi panas, dan guru bidang setudi sains disarankan agar menerapkan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Mas m |
Keywords: | Hasil Belajar; Sains; Sumber; Energi Panas; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6276 |