Peran Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Pendidikan Politik Melalui Materi Paham- Paham Besar Dunia Di SMAS Eria Medan

Hakim, Mohammad Lukmanul (2025) Peran Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Pendidikan Politik Melalui Materi Paham- Paham Besar Dunia Di SMAS Eria Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203121060_Cover.pdf] Text
3203121060_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 3203121060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203121060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 3203121060_Abstrak.pdf] Text
3203121060_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 3203121060_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203121060_Kata_Pengantar.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 3203121060_Daftar_Isi.pdf] Text
3203121060_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 3203121060_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203121060_Daftar_Gambar.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 3203121060_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203121060_Daftar_Tabel.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 3203121060_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203121060_Daftar_Lampiran.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 3203121060_BAB_I.pdf] Text
3203121060_BAB_I.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of 3203121060_BAB_II.pdf] Text
3203121060_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[thumbnail of 3203121060_BAB_III.pdf] Text
3203121060_BAB_III.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 3203121060_BAB_IV.pdf] Text
3203121060_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203121060_BAB_V.pdf] Text
3203121060_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[thumbnail of 3203121060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203121060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 3203121060_Lampiran.pdf] Text
3203121060_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ditemukan rendahnya minat dan kesadaran politik siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah di SMAS Eria Medan, khususnya saat mempelajari materi tentang paham-paham besar dunia. Banyak siswa terlihat kurang aktif, tidak dan menganggap bahwa sejarah serta pendidikan politik bukanlah hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan fokus pembelajaran pendidikan politik melalui materi tersebut,
menjelaskan bagaimana peran guru sejarah dalam proses pembelajaran, serta mengidentifikasi berbagai kendala yang dihadapi beserta solusi yang diterapkan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif.
Subjek yang dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas XI IPS di SMAS Eria Medan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dan analisis dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
model analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, guru sejarah memiliki berbagai peran penting sebagai fasilitator, motivator, mediator, dan evaluator dalam menyampaikan pembelajaran pendidikan politik melalui materi paham-paham besar dunia. Guru mengaitkan materi dengan kehidupan
sehari-hari siswa agar lebih mudah dipahami dan relevan. Namun, rendahnya minat siswa, keterbatasan waktu, dan kurangnya media pembelajaran yang variatif. Untuk mengatasi hal tersebut, guru melakukan berbagai upaya seperti
diskusi kelompok, pemberian tugas yang kreatif, serta penggunaan metode pengajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini menyimpulkan, peran guru sejarah
sangat penting dalam membangkitkan kesadaran politik siswa melalui pembelajaran sejarah. Guru tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan wawasan kebangsaan siswa agar mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peran guru sejarah, pendidikan politik, paham-paham besar dunia, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Setiady Setiady
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:19
Last Modified: 24 Jun 2025 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62732

Actions (login required)

View Item
View Item