Sembiring, Lisa Wati (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 102005 DURIAN TINGGUNG KEC.STM HULU KAB. DELISERDANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313186 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108313186 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
108313186 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
108313186 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313186 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
108313186 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
108313186 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108313186 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
108313186 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313186 BAB I .pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108313186 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313186 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara di kelas V SD Negeri 102005 Durian Tinggung Kec.STM Hulu Kab.Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model pembelajaran kooperatif Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara di kelas V SD Negeri 102005 Durian Tinggung Kec.STM Hulu Kab.Deli Serdang dengan jumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 102005 Durian Tinggung Kec.STM Hulu Kab.Deli Serdang T.A 2012/2013, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa, objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Script dan data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas V yang berjumlah 32 orang. Pada awal tindakan (pre tes) terdapat 25 orang siswa (78,12%) yang mendapatkan hasil belajar rendah dan hanya 7 orang siswa (21,87%) yang tuntas dan nilai rata-rata yang diperoleh 40,62.Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa dalam meningkatkan Hasil belajar yaitu siswa masih bermain ketika belajar dan belum aktif dalam kelompok diskusi karena disibukkan dengan pekerjaanya sendiri. Selain itu, guru belum mampu mengaktifkan siswa. Pada siklus I terdapat 20 orang siswa (62,5%) yang termasuk pada kategori tuntas dan sebanyak 12 orang siswa (37,5%) termasuk dalam kategori rendah dan rata-rata nilai yang diperoleh 69,68. Pada siklus II terdapat 30 orang siswa (93,75%) yang tuntas, dan hanya 2 orang siswa (6,25%) yang belum tuntas dengan nilai rata-rata yang diperoleh 88,12.Berdasarkan hasil penelitiaan mulai dari pre tes, pos tes siklus I dan pos tes siklus II secara empiris telah terbukti adanya peningkatan yang signifikan. Dengan demikian penerapan model kooperatif Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara di SD Negeri 102005 Durian Tinggung Kec.STM Hulu Kab. Deli Serdang T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sem m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Kooperatif; Pembelajaran; Materi; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6271 |