Hutami, Ridha (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI 104233 BANDAR LABUHAN KECAMATAN TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311090 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
109311090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
109311090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
109311090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109311090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
109311090 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
109311090 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
109311090 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109311090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Think PairShare dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok globalisasiKomunikasi kelas IV SD Negeri 104233 Bandar Labuhan Kecamatan TanjungMorawa yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan metodepembelajaran yang kurang tepat sehingga membuat siswa kurang tertarik terhadapmata pelajaran PKn dan hasil belajar menjadi rendah.Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 104233 BandarLabuhan Kec. Tanjung Morawa yang berjumlah 37 orang siswa. Penentuan subjekpenelitian diperoleh berdasarkan hasil tes dan observasi yang dilakukan olehpeneliti. Fakta dilapangan menunjukkan banyak siswa memiliki hasil belajar yangrendah dalam belajar PKn, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dengan menggunakan Metode Think Pair Share.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukandalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing –masing pertemuan dilakukan selama 2x35 menit. Dalam setiap siklus akandilakukan tes dan observasi untuk mengukur hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian dari 37 sampel siswa pada dapat diketahuibahwa pada pre test dari 37 orang siswa pada saat diberikan tes awal sebanyak 32siswa (86,49%), belum mencapai ketuntasan belajar (nilai < 70). Sedangkanterdapat 5 orang siswa (13,51) yang mencapai ketuntasan ( nilai > 70), dengan nilairata-rata 46,21. Hasil ini menunjukkan nilai pretest siswa tergolong kategori rendahdan siswa kelas IV SD Negri 104233 Bandar Labuhan belum tuntas mempelajarimateri globalisasi komunikasi pada pelajaran PKn. Pada siklus 1 terdapat 25 orangsiswa (67,57%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 66,75. Hal inimenunjukkan nilai siklus I siswa tergolong sedang dan siswa kela IV SDN 104233Bandar Labuhan belum tuntas memahami materi Globalisasi Komunikasi padapelajaran PKn. Pada siklus II terdapat 32 (91,9 %) orang siswa yang mencapaiketuntasan dengan rata-rata 86,51. Hasil ini menunjukkan nilai siklus II siswasudah mengalami peningkatan dan tergolong tinggi.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 105331 Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Hut m |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; Hakekat PKN; Metode;Think pair share. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6268 |