Ferdiansyah, Nanda (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEER TEACHING METODS PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111045 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109111045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
109111045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
109111045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
109111045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
109111045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
109111045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
109111045 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
109111045 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
109111045 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
109111045 BAB V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109111045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran terhadap materi pecahan pada pelajaran matematika karena guru kurang mengunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Serta penyampaian materi yang masih menggunakan metode konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Matematika dengan Peer Teaching Methods pada materi pokok pecahan di kelas V SDN 067243 Medan Selayang T.A. 2012/2013. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan Peer Teaching Methods untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktivitas belajar siswa pada pelajaran matematika dengan pokok bahasan pecahan. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa/i kelas V SDN 067243 T.A. 2012/2013 dengan jumlah siswa 34 orang. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa.Berdasarkan hasil observasi dari aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari 34 orang siswa diketahui dari kondisi awal secara keseluruhan dinyatakan tidak aktif dengan data rata-rata kelas sebesar 31,43% atau bisa dikatakan aktivitas belajarnya sangat rendah. Namun aktivitas belajar siswa pada Siklus I mengalami peningkatan, ini dibuktikan dari data klasikal yang menjadi 36,60% pada pertemuan pertama dan 55,34% pada pertemuan ke dua. Tetapi dari data tersebut aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah oleh karena itu peneliti harus melakukan penelitian siklus selanjutnya dan bisa mencapai target pada Siklus II ini dengan data rata-rata kelas 67,92 atau sedang pada pertemuan satu dan 78,86 atau bisa dikatakan aktivitas belajar tinggi. Karena aktivitas belajar siswa telah mencapai target yang diharapkan oleh peneliti maka peneliti sudah bisa menghentikan penelitiannya. Degan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Peer Teaching Methods dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran matematika dengan materi pokok pecahan di kelas V SDN 067243 Medan Selayang T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Fer m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Aktivitas Belajar; Peer Teaching Methods; Matematika; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6267 |